Sukses

Festival Budaya 2022 Digelar, Bantu Pulihkan Ekonomi

Festival Budaya 2022 digelar di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12-14 Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jakarta Selatan bakal menggelar Festival Budaya 2022. Festival Budaya 2022 tersebut digelar langsung di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12-14 Agustus 2022.

Festival Budaya 2022 dibuat untuk membendung masuknya budaya barat yang menggerogoti budaya lokal, seperti Betawi.

Terlebih dua tahun ini pandemi Covid-19 merambah Indonesia, membuat budaya tanah air seakan dilupakan oleh masyarakatnya sendiri.

Ketua Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi mengatakan pihaknya menggelar Festival Budaya guna menjaga kebudayaan Betawi untuk tidak dilupakan.

"Acara ini menjadi momentum pelestarian budaya di tengah masuknya budaya luar. Selain itu untuk pemulihan ekonomi warga sekitar," kata Diana Dewi di dalam acara pembukaan Festival Budaya 2022 di Setu Babakan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsisten

Diana mengatakan Pemerintah Provinsi berencana dengan konsisten menggelar acara Festival Budaya 2022, guna menjaga pelestarian budaya.

"Kami berharap budaya betawi ini semakin lestari dengan dukungan Pemerintah," ucap Diana Dewi.

Sementara itu, Ahmad Lafranta Siregar, Ketua Kadin Jakarta Selatan sebagai inisiator mengungkap, Festival Budaya 2022 ini jadi momentum bangkitnya budaya Betawi pasca dua tahun dilanda pandemi Covid-19.

"Dikemas lewat Festival Budaya, kami yakin budaya betawi dan UMKM akan bangkit beriringan di Setu Babakan, menyambut HUT Indonesia ke-77," ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Digelar

Selama tiga hari digelar, beragam kegiatan pun disajikan untuk menghibur para pengunjung Setu Babakan. Diantaranya ada pementasan budaya, bazar UMKM, workshop tentang garam, talk show budaya, dan perlombaan mancing.

Pentas budaya pun mengangkat seni dari Betawi, di antaranya Lenong, palang pintu, hingga Gambang Kromong. 

 

4 dari 4 halaman

Lomba

Perlombaan mancing pun akan digelar hari Minggu yang diikuti oleh 600 peserta untuk perebutkan hadiah. Yakni berupa satu unit mobil Honda Brio, motor Yamaha NMax, hingga uang ratusan juta rupiah.

"Ada juga lomba untuk anggota Kadin di DKI Jakarta. Saya ajak masyarakat sekitar dan seluruh Jakarta meriahkan acara ini masuknya gratis dan ada perlombaan," pungkas Akhmad Lafranta Siregar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini