Sukses

Tegas, Ridwan Kamil Minta Baim Wong Cabut Pendaftaran HAKI Citayem Fashion Week

Ridwan Kamil nasihati Baim Wong yang mendaftarkan HAKI Citayem Fashion Week.

Liputan6.com, Jakarta - Baim Wong dan Paula Verhoeven mendaftarkan HAKI Citayem Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual atau PDKI. Hal ini pun menuai pro dan kontra.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun angkat bicara mengenai keputusan Baim Wong. Dengan kalimat yang santun, Ridwan Kamil memberi nasihat.

"Tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula," kata Ridwan Kamil dikutip dari Instagramnya, Senin (25/7/2022).

"Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda," ia menyambung pernyataan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Adanya

Ridwan Kamil ingin Citayem Fashion Week berjalan apa adanya. Tanpa dialihkan ke tempat khusus seperti Sarinah, bukan untuk dijadikan konten Podcast, bukan juga dibuat menginternasional.

"Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture. Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," tuturnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bukan Inisiatif yang Ini

Menurut Ridwan Kamil, jika Citayem Fashion Week ingin diorganisir dengan lebih baik, maka komunitasnyalah yang lebih berhak mengurus, bukan Baim Wong.

"Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Minta Dicabut

Terakhir, dia minta pendaftaran HAKI dicabut. "Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya," tutup Ridwan Kamil.

Warganet pun setuju dengan imbauan sang gubernur. "Setujuu Pak, gak semunya soal uang dan ga semuanya harus diuangkan," kata warganet di kolom komentar.

"Kreatifitas dan kebahagiaan Wong Cilik diakusisi Baim Wong," tambah yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.