Sukses

Melukis Wajah Eril Anak Ridwan Kamil, Zara Sang Adik: Lukisan Teremosional yang Aku Buat

Liputan6.com, Jakarta Camilla Laetitia Azzahra atau Zara, adik mendiang Emmeril Kahn Mumtadz  (Eril) sempat membawa lukisan saat pemakaman kakaknya di Baitul Ridwan Islamic Center yang terletak di Kecamatan Cimaung, Kabupatan Bandung, Jawa Barat pada 13 Juni 2022. Lukisan tersebut dibuat sendiri oleh tangan Zara sapaan akrabnya.

Putri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  menjelaskan dirinya memang sangat senang melukis, namun melukis wajah Eril adalah yang tersulit baginya. Hal itu disampaikan Zara melalui akun Instasaat menjawab pertanyaan warganet. .

"Teh, gambar apa yang paling sulit yang pernah teteh gambar?” tanya salah seorang warganet.

"Lukisan portrait kakak aku adalah lukisan tersulit yang pernah aku bikin,” jawab Zara.

Zara mengatakan ini merupakan pengalaman pertama kalinya melukis sketsa wajah seseorang secara full. Apalagi wajah Eril dibuat saat dirinya sedang merasakan sedihnya kehilangan kakanya.

"Karena aku sebelumnya sama sekali enggak pernah bikin portrait full face seseorang,” kata Zara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Menyerah

Saat membuat lukisan tersebut, Zara mengaku sempat menyerah dan merasa tak bisa melukis wajah Eril. Apalagi ia merasa lukisan yang ia buat sama sekali tidak mirip dengan kakaknya.

"Awalnya aku mau nyerah, pas baru kayak foto kesatu, hehe, soalnya aku merasa itu sama sekali enggak do justice to my brother gitu alias ga mirip," ungkap Zara.

3 dari 4 halaman

Teremosional

Kendati demikian Zara mengungkapkan ini adalah lukisan teremosional yang pernah ia buat. Lukisan tersebut dibuat untuk mendiang Eril yang meninggal dunia karena terseret arus sungai Aare, Swis pada 26 Mei 2022.

"Dan lukisan ini, lukisan teremosional yang pernah aku buat juga,” tutur Zara.

4 dari 4 halaman

Terfavorit

Dari sekian banyak karya lukis yang diciptakan ini adalalah yang paling ia senangi. Apalagi ia juga berhasil menyelesaikan lukisannya dan ia bawa saat pemakaman kakaknya

“So yeah, this one is definitely the hardest one I’ve done so far. But my favorite, hehe,” ucapnya.

Diketahui Eril anak sulung Ridwan Kamil yang sempat hilang terbawa arus Sungai Aare, Swis pada 26 Mei 2022. Setelah dua pekan pencarian, akhirnya jenazah Eril di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu 8 Juni 2022 pagi