Sukses

Alasan Penting Money Heist: Korea - Joint Economic Area Ambil Setting Reunifikasi Korsel - Korut

Liputan6.com, Jakarta Money Heist: Korea – Joint Economic Area akhirnya tayang di Netflix pada hari ini, Jumat (24/6/2022). Meski diadaptasi dari serial Money Heist asal Spanyol, drama Korea ini tetap punya muatan lokal tersendiri yang membedakan dari aslinya.

Salah satu pembeda utamanya, adalah setting drakor ini yang merupakan proses reunifikasi Korea Utara dan Selatan. Sutradara drakor ini, Kim Hong Sun, sempat mengungkap alasan penggunaan setting tersebut, yakni memperkuat ciri khas versi ini.

“Saya sebelumnya diwawancara dengan pers internasional dan mereka mengajukan pertanyaan ini. Saya bertanya kembali, apakah ini bisa terjadi di negara mereka, dan mereka menjawab bahwa peristiwa seakbar ini tidak akan semudah itu terjadi di negara mereka,” kata sang sutradara, dalam konferensi pers yang digelar Rabu (22/6/2022) lalu tersebut.

Sang sutradara juga menegaskan bahwa ia harus mempersiapkan secara mendalam detail-detail mengenai reunifikasi dalam drama yang dibintangi Park Hae Soo ini. Alasannya, adalah menghadirkan dunia yang terasa begitu nyata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Memicu Ketertarikan

“Hal ini harus terasa realistis. Dan ini adalah elemen yang paling membutuhkan usaha keras,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa dunia yang menggambarkan hubungan dua Korea di masa depan akan menarik perhatian publik.

“Karena (dramanya) akan disiarkan ke seluruh dunia, jadi menurut saya bila kisah dua Korea ini kembali diceritakan, maka akan memicu keingintahuan para penggemar global,” tuturnya.

3 dari 4 halaman

Joint Economic Area

Untuk membuat setting ini menjadi realistis, maka ia menyusun sebuah wilayah yang disebut sebagai “Joint Economic Area” yang menjadi pertemuan antara dua Korea.

“Situasi Korea Utara dan Selatan adalah sesuatu yang ingin saya gambarkan dalam drama ini,” ujarnya.  

4 dari 4 halaman

Sinopsis Money Heist: Korea - Joint Economic Area

Money Heist: Korea - Joint Economic Area dimulai dengan kisah proses reunifikasi Korea Utara dan Korea Selatan yang sudah di depan mata. Percetakan Uang Unifikasi Korea kemudian didirikan untuk menghasilkan sebuah mata uang baru.

Meski awalnya diharapkan dapat menjadi dasar untuk serikat ekonomi yang stabil, hal ini justru menciptakan ketimpangan besar bagi banyak orang.

Bertekad menghadapi dunia yang tak adil, sekelompok pencuri-termasuk mantan prajurit dari Utara bernama Tokyo- bersatu di bawah arahan sang pemimpin yang dikenal dengan nama Profesor.

Bersama-sama mereka menyusun rencana untuk menjalankan sebuah perampokan besar-besaran yang belum pernah terjadi: mencuri uang yang bahkan belum ada.