Sukses

Makna Topeng Hahoe di Money Heist: Korea - Joint Economic Area, Punya Senyum Misterius yang Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta Tinggal menghitung jam, Money Heist: Korea - Joint Economic Area bakal segera dirilis ke publik. Sebelum Money Heist versi Korsel ini ditayangkan Netflix pada Jumat (24/6/2022) besok, para bintangnya hadir dalam konferensi pers dan mengungkap sejumlah infomasi mengenainya.

Salah satunya adalah topeng Hahoe, yang dikenakan para perampok untuk menutupi identitas mereka dalam menjalankan aksinya. Ini adalah topeng yang berbeda dengan di serial aslinya, yang merupakan wajah pelukis legendaris Spanyol Salvador Dali.

“Di Spanyol, topeng Dali digunakan untuk memberikan pesan mengenai kebebasan, dan di Korea kami mengenakan topeng Hahoe dari wilayah Andong, yang memiliki makna penting,”kata Park Hae Soo, pemeran Berlin, dalam konferensi pers daring yang digelar Rabu (22/6/2022). 

Sang bintang Squid Game menambahkan, “Topeng ini merupakan perwujudan kritik terhadap sosok berkuasa, dan pada waktu yang sama juga punya nuansa humor.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Para Bintangnya Penasaran

Para bintang Money Heist: Korea - Joint Economic Area sempat penasaran dengan topeng yang akan mereka kenakan di versi ini. Setelah tahu mengenai topeng yang digunakan, rasa penasaran ini justru kian membuncah. 

"Ketika topeng itu pertama kali dibawa ke saya, saya benar-benar merasakan kekuatan luar biasa ketika topeng ini dikenakan oleh setiap pemain... Topengnya terlihat berbeda saat dilihat dari depan atau samping, jadi ini adalah sesuatu yang membuatku tertarik," kata Park Hae Soo. 

3 dari 4 halaman

Lucu tapi Misterius

Hal serupa juga diungkap Jun Jong Seo, pemeran Tokyo. 

"Bahkan sebelum syuting dimulai, kami cukup penasaran topeng apa yang akan kami pakai. Ketika kami mendengar bahwa topeng Hahoe yang dipilih dan kemudian melihatnya langsung, saya kaget karena itu bukan topeng yang kelihatan biasa-biasa saja. Topengnya punya senyum lebar, kelihatan lucu tapi pada saat yang sama misterius," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Sinopsis Money Heist: Korea - Joint Economic Area

Money Heist: Korea - Joint Economic Area dimulai dengan proses reunifikasi Korea Utara dan Korea Selatan yang sudah di depan mata. Percetakan Uang Unifikasi Korea kemudian didirikan untuk menghasilkan sebuah mata uang baru.

Meski awalnya diharapkan dapat menjadi dasar untuk serikat ekonomi yang stabil, hal ini justru menciptakan ketimpangan besar bagi banyak orang.

Bertekad menghadapi dunia yang tak adil, sekelompok pencuri-termasuk mantan prajurit dari Utara bernama Tokyo- bersatu di bawah arahan sang pemimpin yang dikenal dengan nama Profesor.

Bersama-sama mereka menyusun rencana untuk menjalankan sebuah perampokan besar-besaran yang belum pernah terjadi: mencuri uang yang bahkan belum ada.