Sukses

Erick Thohir Angkat Jempol dengan Kemunculan Superhero Baru Indonesia, Satria Dewa Gatot Kaca

Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan pemutaran perdana film Satria Dewa Gatot Kaca.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir antusias dengan kemunculan superhero baru Indonesia, Satria Dewa Gatot Kaca. Ia merasa karakter superhero lokal Tanah Air perlu dikembangkan secara global.

"Senang lah Indonesia punya superhero baru dan berdasarkan tentu kultur kita. Mudah-mudahan ini bisa menjadi sebuah hal yang bisa terus dikembangkan," kata Erick Thohir usai menyaksikan penayangan perdana film Satria Dewa Gatot Kaca di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin, 6 Juni 2022.

Melalui film, Erick Thohir meyakini karakter superhero lokal Indonesia bisa mendunia dan tak kalah dengan pamor superhero negara lain. Ini, kata dia, hanya bisa terjadi jika industri kreatif terus diberi dukungan untuk menghasilkan karya.

"Karena memang sudah waktunya industri kreatif Indonesia, seperti film, bisa berkembang. Karena kita mesti menjadi negara yang pop culture," Erick Thohir menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Film Nasional

Erick Thohir mengatakan, industri film nasional saat ini bisa disebut membanggakan. Ia berterima kasih terhadap para sineas, aktor dan aktris yang terlibat dalam penggarapan film berkualitas dan bermutu.

Salah satunya Satria Dewa Gatot Kaca, yang disebut Erick Thohir, berguna untuk memperkenalkan karakter superhero lokal kepada generasi muda.

"Karena tidak hanya filmnya, lagunya, nanti turunan ceritanya, merchandise-nya, ini yang saya rasa storytelling yang tidak terputus," kata dia.

3 dari 4 halaman

Pop Culture Country

Negara lain, kata Erick Thohir, mulai memperkenalkan budayanya ke masyarakat global. Salah satunya Korea Selatan yang dinilainya, memiliki banyak karya dan kreativitas yang bisa diolah dan dinikmati pasar dunia.

Ia membandingkan hal tersebut dengan Indonesia. Menurut Erick Thohir, Indonesia memiliki banyak hal yang bisa diangkat dan diperkenalkan ke dunia.

"Di mana kita bisa terus meng-engage daripada tentu masyarakat supaya kita ke depan tidak kalah dengan negara-negara lain, menjadi negara yang bisa menjadi pop culture country," dia menguraikan.

4 dari 4 halaman

Film Satria Dewa Gatot Kaca

Film Satria Dewa: Gatot Kaca disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Dibintangi oleh Rizky Nazar, Aghniny Haque, Yasmin Napper, Cecep Arif Rahman, Yayan Ruhian dan Omar Daniel.

Cerita yang diangkat mengenai sosok Yudha (diperankan Rizky Nazar) yang bisa berubah menjadi sosok yang memiliki kekuatan super, Gatot Kaca.

Yudha mendapatkan berbagai macam kemampuan superhero seperti terbang dan bertahan dari serangan musuh melalui mustika bernama Brajamusti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.