Sukses

6 Fakta Makam Dorce Gamalama Amblas, Diperparah dengan Kondisi Tanah Kuburan Retak-Retak

Liputan6.com, Jakarta - Dorce Gamalama meninggal dunia pada 16 Februari 2022. Mendiang Dorce Gamalama, yang merupakan artis serba bisa, mengembuskan napas terakhir dalam usia 58 tahun ini sudah tiga bulan meninggalkan jagat hiburan Indonesia.

Meski baru hitungan bulan ditinggal selebritis bernama asli Dedi Yuliardi Ashadi, kondisi makamnya justru memprihatinkan. Kondisi makam Dorce Gamalama tampak tak terurus. Di beberapa sisi, makam Dorce Gamalama amblas. Tanahnya terlihat turun dan beberapa lainnya tampak retak-retak.

Kondisi ini diperparah dengan jarangnya anggota keluarga yang terlihat berziarah atau mengurus makam mendiang Dorce Gamalama. Kabar yang berhembus, perseteruan antara keluarga dan anak angkat Dorce Gamalama kian memanas.

Kedua belah pihak bahkan sempat cek cok di depan makam Dorce Gamalama, ketika mereka sama-sama berziarah di waktu yang bersamaan. 

Berikut ini, 6 fakta kondisi makam mendiang Dorce Gamalama yang mulai tak terawat hingga amblas seperti dirangkum Liputan6.com, Selasa, 17 Mei 2022.

2 dari 7 halaman

1. Tanah Terlihat Turun Alias Amblas

Kondisi makam Dorce Gamalama tampak agak mengkhawatirkan. Di beberapa sisi makam, tanahnya terlihat turun dan beberapa lainnya tampak retak-retak.

Kondisi makam tersebut bisa dilihat dari tayangan Status Selebritis yang diunggah pada Senin (16/5/2022). Dalam tayangan tersebut, makam Dorce Gamalama juga terlihat tak terurus.

 

3 dari 7 halaman

2. Sudah Tak Dikunjungi Keluarga

Menurut pengakuan Oci, salah seorang warga di sekitar makam, keluarga Dorce Gamalama sudah tidak mengunjungi makam mendiang presenter kondang itu.

Warga, kata dia, sudah tak lagi melihat kedatangan anggota keluarga Dorce Gamalama sejak sepekan terakhir. 

 

 

4 dari 7 halaman

3. Ziarah Sebelum Puasa

Oci mengatakan bahwa pihak keluarga dan anak-anak Dorce kemungkinan terakhir datang sebelum bulan puasa yang lalu.

"Mungkin dari anak-anaknya, atau keluarga mungkin sebulan lalu (datang ke makam), pas lagi mau puasa," kata Oci.

 

5 dari 7 halaman

4. Wacana Makam Dibongkar

Sebelumnya, sempat heboh berita mengenai keluarga dan anak-anak angkat Dorce Gamalama yang mempermasalahkan harta warisan peninggalan Dorce.

Bahkan sempat beredar wacana ingin membongkar makam untuk melakukan tes DNA. Lantas apakah kondisi makam tersebut berkaitan dengan wacana keluarga yang ingin membongkar makam Dorce?

 

6 dari 7 halaman

5. Karena Hujan

Terkait hal tersebut, Oci mengaku tidak tahu menahu. Namun, ia menduga bahwa penyebabnya adalah karena curah hujan yang cukup tinggi beberapa waktu lalu.

"Mungkin sejak kemarin hujan mungkin ya, kayakyna cukup parah juga. Nggak (dibongkar) lah. Kata siapa. Siapa yang bongkar? Enggak, itu mah (amblas) karena hujan," jelas Oci.

 

 

7 dari 7 halaman

6. Keluarga Diminta Tak Rebutan Warisan

Terlepas dari itu, Oci merasa begitu prihatin dengan keadaan makam Dorce Gamalama. Ia berharap agar kedua belah pihak tidak terus menerus mempermasalahkan warisan apalagi jika harus menggali makam mendiang Dorce Gamalama.

"Ya jangan sampai digali, mudah-mudahan keluarganya bisa bilangin ke petugasnya supaya bisa dibenerin lagi, itu aja," tutup Oci.