Sukses

MBC Jawab Kontroversi Drakor Tomorrow Pakai Data Member BTS di Daftar Orang Meninggal

Liputan6.com, Seoul - MBC akhirnya buka suara soal kontroversi drama Korea Tomorrow yang mereka tayangkan. Seperti diketahui, warganet menemukan sejumlah data diri dua member BTS, V dan Jungkook, terselip dalam sebuah cuplikan adegan drakor ini.

Masalahnya, data tersebut dimuat dalam secarik dokumen bertajuk "Registrasi untuk Masuk Alam Baka." Tangkapan layar ini menjadi viral, dan tak sedikit warganet dan juga Army alias penggemar BTS yang menuntut MBC minta maaf.

Dilansir dari Soompi, Selasa (17/5/2022), MBC menegaskan tak ada niat buruk dalam adegan tersebut.

"(Tanggal lahir dalam daftar itu) hanyalah kombinasi nomor, dan tak ada maksud lain [di baliknya]," begitu pernyataan dari perwakilan MBC.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Adegan di Episode Ketujuh

Adegan yang dipermasalahkan, diketahui berasal dari episode ketujuh yang tayang pada 22 April lalu. 

Dalam tangkapan layar yang diambil dan dibagikan oleh warganet, terlihat bahwa salah satu dalam daftar tersebut adalah "Kim Tae Hyung" yang merupakan nama asli dari V BTS.

Selain itu, digunakan pula tanggal lahir V dan hanya diubah tahunnya dari 1995 menjadi 1971.

3 dari 4 halaman

Data Jungkook

Tak cuma V BTS, data milik Jungkook juga ditampilkan dalam adegan ini. Yang digunakan adalah tanggal persis ulang tahun sang pelantun "Butter" yakni 1 September 1991. 

Namun nama dalam daftar tersebut bukanlah milik sang maknae, tapi ditampilkan sebagai Kim Yoo Rim. 

4 dari 4 halaman

Sinopsis Tomorrow

Tomorrow sendiri adalah drama Korea yang diangkat dari webtoon kondang bertajuk sama. Drama ini dibintangi sejumlah bintang kondang Korsel seperti Rowoon SF9, Kim Hee Sun dan Lee Soo Hyuk. 

Kisahnya bermula tenang Choi Joon Woong (Rowoon), yang tak sengaja koma gara-gara berselisih jalan dengan dua malaikat maut, salah satunya adalah Goo Ryun (Kim Hee Sun). Ia kemudian mendapat tawaran untuk "magang" sebagai malaikat maut dengan imbalan menggiurkan, sebagai permintaan maaf soal insiden ini.

Berbeda dengan alaikat maut lain, divisi yang dipimpin Goo Ryun bertugas untuk menyelamatkan orang yang hendak mengakhiri hidupnya.