Sukses

Jusin Clasic Sabet 7 Kategori Kontes Bonsai di Sambas, Salah Satu Bonsainya Bernama Joker

Kontes Bonsai yang baru saja diikuti Jusin Clasic ini digelar untuk memperingati Hari Jadi Kota Sambas ke-391 dan Hari Ulang Tahun Pemindahan Ibukota Kabupaten Sambas ke-23.

Liputan6.com, Jakarta Jusin Clasic yang dikenal sebagai pesulap, terlihat dalam kegiatan pameran dan kontes bonsai lokal terbuka se-Kalimantan tahun 2022. Kegiatan ini digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Sambas. 

Kegiatan yang digelar untuk memperingati Hari Jadi Kota Sambas ke-391 dan Hari Ulang Tahun Pemindahan Ibukota Kabupaten Sambas ke-23 ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 29 hingga 31 Juli 2022.

Penjurian kontes bonsai ini dinilai langsung oleh Juri PPBI nasional untuk memperebutkan hadiah berupa piala favorit Bupati Sambas, Best in Show (all class), juara masing-masing kelas, uang pembinaan, serta door prize berupa 1 unit sepeda motor, kulkas, sepeda dan lain-lain.

Dihadiri oleh Bupati Sambas, Satono, penutupan pameran dan kontes perdana se-kalimantan ini digelar di halaman Gedung Perpustakaan Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sambas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyabet Juara di Banyak Kategori

Peserta datang dari berbagai kabupaten dan kota di Kalimantan termasuk dari Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Sementara itu jumlah pohon yang dilombakan sebanyak 562 dengan 7 kategori kelas yakni Mame, Small, Medium, Large, XL, Prospek dan Bahan.

Luar biasanya, salah satu peserta termuda dari Kota Singkawang, Jusin Tiono yang akrab disapa Jusin Clasic, berhasil menyabet semua kategori yang ada.

Gelar kejuaraan yang berhasil diraih atas bonsai yang diikutsertakan Jusin dalam kontes ini adalah kelas Small berhasil meraih juara 1, kelas Mame juara 1, kelas Large juara 2, kelas extra Large juara Harapan 1, kelas Small juara 2, kelas Prospek juara 3, dan kategori Best in Show.

Dari 562 pohon bonsai pada Pohon Anting Putri ukuran small yang diberi nama “Joker” juga berhasil direbut oleh pemilik bonsai termuda dan berparas rupawan dari kota Singkawang ini.

 

3 dari 3 halaman

Memanfaatkan Situasi Pandemi

Pandemi Covid-19 memang berdampak pada banyaknya aktivitas yang terhentikan. Namun situasi itu dimanfaatkan oleh Jusin untuk menggeluti dunia bonsai. Alhasil, keuletan dan kesabarannya merawat bonsai membuahkan hasil yang cukup memuaskan.

"Semoga dengan ini dapat semakin membawakan dampak positif dan inspirasi kepada publik untuk bergabung dalam komunitas pecinta bonsai," harap Jusin dalam keterangannya, belum lama ini.

Sebelumnya, Jusin juga pernah menyabet juara 1 pada ajang kontes bonsai yang diselenggarakan oleh pecinta bonsai cabang Singkawang di Taman Cahaya Madani pada tanggal 12 Desember 2021.

Kini, hadir kembali sebagai juara di semua kategori pada kontes bonsai yang baru saja selesai digelar di Sambas, membuat Jusin makin semangat untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas serta nilai pohon bonsai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini