Sukses

Hotman Paris Dapat Somasi Terbuka dari Peradi Jakarta Barat, Didesak Segera Minta Maaf

Hotman Paris membuat keputusan mengejutkan. Ia mundur dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi)

Liputan6.com, Jakarta - Polemik mengenai pernyataan Hotman Paris yang menyebut Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang dipimpin Otto Hasibuan tidak sah berujung somasi terbuka.

Dewan Pimpinan Cabang Peradi Jakarta Barat melayangkan somasi terhadap pengacara bernama lengkap Hotman Paris Hutapea ini. Mereka menilai, pernyataan Hotman Paris terkait Peradi dan Otto Hasibuan sebagai perbuatan yang merugikan.

"Kami menegur rekan Hotman Paris untuk meminta maaf dalam waktu 2 x 24 jam di seluruh media yang pernah memuat pernyataannya yang telah merugikan dan segera memulihkan nama baik Peradi dan Ketua Umum Peradi," kata Ketua DPC Peradi Jakarta Barat, Suhendra Asido Hutabarat, saat menggelar jumpa pers, Senin, 25 April 2022.

"Per hari ini kita (Peradi Jakbar) sampaikan somasi terbuka kepada rekan senior, Hotman Paris Hutapea," Suhendra Asido melanjutkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dilaporkan ke Mabes Polri

Suhendra Asido mengingatkan Hotman Paris agar menjawab somasi terbuka yang diberikan DPC Peradi Jakarta Barat. Hotman Paris, kata dia, bisa dilaporkan oleh pihaknya ke polisi jika tak mengindahkan somasi tersebut.

Rencananya, Suhendra Asido melanjutkan, akan melaporkan Hotman Paris ke Mabes Polri terkait pernyataannya yang dinilai membuat gaduh kalangan advokat.

"Jika 2x24 jam somasi ini tidak digubris kami akan segera melapor ke Mabes Polri," Suhendra Asido menjabarkan.

 

3 dari 4 halaman

Mengundurkan Diri

Sebelumnya, Hotman Paris mengundurkan diri dari organisasi Perhimpunan Advokat Indonesia atau Peradi yang diketuai oleh Otto Hasibuan. Pengunduran diri tersebut merupakan buntut dari kabar Hotman Paris dianggap melanggar kode etik advokat.

Kabar pengunduran diri Hotman Paris diungkapkan melalui akun Instagramnya. Ia mengaku sudah menuliskan surat pengunduran dirinya dari Peradi.  

"Pengumuman dari Hotman Paris sehubungan dari pemberitaan di media bahwa Hotman sudah keluar dari anggota Peradi Otto, jawaban saya benar," kata Hotman melalui akun Instagramnya yang diunggah, Jumat (15/4/2022).

4 dari 4 halaman

Bergabung ke Dewan Pengacara Nasional

Hotman Paris mengatakan dirinya telah bergabung dengan organisasi advokat lain, setelah mengajukan surat pengunduran dirinya dari Peradi. "Dan saya sudah bergabung dengan organisasi advokat lain yang sudah lama disahkan oleh Menkumham, dan saya sudah punya kartu advokat yang baru, jadi Hotman sudah punya kartu advokat yang baru," ujarnya

"Sebagaimana kita tahu di Indonesia ini multibar, yang artinya organisasi advokat itu sangat banyak, dan setiap organisasi advokat yang disahkan Menkumham berhak mengeluarkan kartu advokat, dan saya sudah bergabung dengan organisasi advokat yang sudah melatih banyak advokat," Hotman Paris melanjutkan.

Belakangan diketahui, pengacara nyentrik itu memilih berlabuh ke Dewan Pengacara Nasional atau DPN Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Presiden DPN Indonesia, Dr Faizal Hafied SH MH. Menurutnya, Hotman Paris sangat yakin dan bangga bisa bergabung ke DPN Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.