Sukses

Sempat kaget, Kini Letkol Marinir Edy Effendi Rutin Donor Darah

Letkol Marinir Edy Effendi dikenal sebagai anggota TNI yang aktif di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi selama 2 tahun ini membuat donor darah massal tak bisa digelar. Akibatnya, stok darah menyusut. Sadar stok darah harus dijaga agar masyarakat yang membutuhkan mudah mendapatkannya, Selebgram yang juga anggota TNI Letkol Marinir Edy Effendi menyoroti kondisi tersebut.

"Untuk menjaga stok darah yang ada, harus dari inisiatif kita-kita yang sehat ini, kalau bukan kita, lantas siapa lagi yang menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan darah," ujar Letkol Marinir Edy dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Letkol Marinir Edy sendiri sudah rutin menjalankan donor darah sejak berusia 17 tahun.

"Pertama donor itu untuk kebutuhan darah orang tua saya pasca operasi," jelas pemilik golongan darah O ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman

Letkol Marinir Edy tak bisa melupakan pengalaman perdananya mendonorkan darah. Saat itu ia mengaku ada rasa geli saat petugas akan menusukkan jarum ke pembuluh darahnya.

"Pada waktu itu detak jatung gak karuan mulai melanda hahaha,"ujar Pamen Satuan Penyelaman Bawah Air (Satlambair) Dinas Potensi Maritim TNI AL itu tertawa.

Letkol Marinir Edy bisa mengendalikan keadaan. Setelah ternyata tak seperti yang dipikirkan, rasanya seperti digigit semut saat jarum mulai menusuk dan pembuluh darahpun mengeluarkan darah memasuki kantong darah PMI.

"Enggak, enggak sakit. Ternyata hanya pikiran kita saja yg berlebihan hehee," katanya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Dampak Positif

Dari donor darah pertama itu ternyata Letkol Marinir Edy merasakan dampak positif bagi kesehatannya. Dari situlah ia kemudian rutin mendonorkan darahnya setiap 8 minggu sekali di PMI Pusat di Kramat Raya, Jakarta.

"Badan terasa ringan karena efek dari donor darah dapat mengurangi kekentalan darah kita. Dan tubuh pun juga membuat sel darah merah baru sehingga tubuh kita selalu segar dan kuat," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Harapan

Dari pengalamannya itulah Letkol Marinir Edy berharap semakin banyak orang sehat yang menyadari pentingnya donor darah. Tak hanya membantu sesama, tapi juga menjaga kesehatan diri sendiri.

"Mari kita luangkan waktu mendonorkan darah yang bisa menjadi suatu pertolongan bagi nyawa orang lain yang membutuhkan," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini