Sukses

Demo di Kuburan Vanessa Angel, Ini Kronologi Rencana Pemindahan Makam Sang Artis Berujung Demonstrasi

Beredar kabar ada demonstrasi di kuburan Vanessa Angel. Konon, segelintir orang ini menolak pemindahan makam sang artis. Berikut kronologinya.

Liputan6.com, Jakarta Beredar kabar ada demonstrasi di kuburan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah. Segelintir orang ini menolak rencana pemindahan makam sang aktris dari TPU Malaka ke TPU Karet Bivak Jakarta.

Terkait kabar demonstrasi ini, Showbiz Liputan6.com menghubungi Haji Faisal dan Doddy Sudrajat via telepon serta pesan WhatsApp, Sabtu (12/2/2022). Namun hingga artikel ini disusun, keduanya belum merespons.

Gembar-gembor makam Vanessa Angel akan dipindahkan sebenarnya bukan hal baru. Laporan khas akhir pekan kali ini merangkum kronologi wacana pemindahan makam ala Doddy Sudrajat. Simaklah.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

5 Desember 2022: Doddy Bilang Fix

Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah dimakamkan di satu liang lahad di TPU Malaka Jakarta, Jumat (5/11/2022). Sebulan setelahnya, media heboh mengabarkan rencana Doddy Sudrajat memindahkan makam putrinya.

“Nantilah. Oh tetap, itu fix keluarga besar,” ungkap Doddy Sudrajat, kami lansir dari video wawancara yang diunggah kanal YouTube Cumicumi, Minggu (5/12/2021). 

 

3 dari 7 halaman

15 Desember 2022: Keluarga Ibu Kandung

Seminggu setelahnya beredar kabar pemindahan makam Vanessa Angel dalam tahap mencari waktu yang tepat. Kepada awak media, Doddy Sudrajat berdalih sedang berkoordinasi dengan keluarga almarhumah ibunda Vanessa Angel.

“(Saya sedang) mencari waktu yang tepat, karena dari keluarga istri saya almarhum Usi itu kan jauh di Surabaya,” katanya dalam video interviu di kanal YouTube KH Infotainment, Rabu (15/12/2021). Doddy ingin Vanessa satu liang lahad dengan ibunya. Versi lain menyebut, makam Vanessa Angel nantinya bersisian dengan ibunya.

 

4 dari 7 halaman

23 Desember 2022: Ngaku Mimpi

Pertanyaan yang muncul di benak publik, mengapa Doddy Sudrajat ngotot ingin memindahkan makam Vanessa Angel? Diwartakan Showbiz Liputan6.com pada 23 Desember 2022, Doddy Sudrajat mengaku didatangi Vanessa Angel dalam mimpi.

"Dia (Vanessa bilang) ingin dipindahkan ke makam mamanya secepatnya, itu ngomong di mimpi saya," ucap Doddy Sudrajat. "Jadi itu permintaan Vanessa pada malam di hari ulang tahun dia," ia menambahkan.

 

5 dari 7 halaman

Januari 2022: Ngaku Wasiat

Anehnya beberapa hari kemudian, pihak Doddy Sudrajat mengklaim, pemindahan makam adalah wasiat Vanessa Angel semasa hidup. Ini disampaikan pengacara Doddy Sudrajat, Djamalluddin Koedoeboen, kepada awak media.

“Tapi itu sudah menjadi wasiat dari almarhumah yang disampaikan kepada beliau, kepada tante-tantenya, kepada saudara-saudaranya, bahkan kepada pencipta lagu, teman-temannya,” kata Djamalluddin Koedoeboen.

“Tentu itu merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh keluarga. Karena itulah keluarga telah melakukan rapat atau musyawarah bersama,” urainya, kami lansir dari video interviu di kanal YouTube KH Infotaiment, 10 Januari 2022.

 

6 dari 7 halaman

Februari 2022: Jawaban Petugas TPU

Februari 2022, pengacara Doddy Sudrajat, Djamalluddin Koedoeboen, mengklaim pemberkasan pemindahan makam Vanessa Angel telah beres. Anehnya, petugas administrasi TPU Malaka maupun Karet Bivak Jakarta mengaku belum didatangi pihak Doddy.

“Saya kebetulan petugas administrasi di sini juga belum menerima atau bertemu dengan pihak keluarga,” kata Petugas Administrasi TPU Karet Bivak Jakarta, Agus, kami lansir dari video interviu di kanal YouTube Intens Investigasi, Selasa (8/2/2022).

Terpisah, Petugas Administrasi TPU Malaka Jakarta, Sardi, menyatakan, “Dari pihak pengurus belum ada keluarga Pak Doddy ke sini minta izin.” 

 

7 dari 7 halaman

Februari 2022: Reaksi Faisal

Rencana pemindahan makam Vanessa Angel telah didengar Haji Faisal. Kepada awak media, ia mengatakan, andai pemindahan makam sesuai aturan dan prosedur hukum yang berlaku, ia pasrah. Jika tidak, ia siap membuat perlawanan.

“Kalau memang (setelah) tiga tahun (baru) boleh berarti dia menabrak rambu-rambu hukum, ya kami akan bertahan. Saya akan berupaya bertahan karena berarti dia menabrak hukum juga,” ujarnya, diwartakan Liputan6.com, 8 Februari 2022.

Sabtu (12/2/2022), beredar kabar segelintir orang berdemo menolak rencana pemindahan makam Vanessa Angel. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.