Sukses

Viral, Video Steven Seagal Sambangi Rumah Adat Dayak dan Cium Mandau

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video lama yang menampilkan aktor laga Hollywood Steven Seagal, mendadak viral dan kembali jadi sorotan. Video yang dimaksud, diunggah di kanal YouTube Ekspedisi Enggang, pada 9 Mei 2021 lalu. 

Video tersebut bertajuk "Kunjungan Steven Seagal ke Rumah Adat Dayak Borneo", dan saat artikel ini ditulis pada Rabu (26/1/2022), telah disaksikan sebagai 1,3 juta kali. 

Seperti terlihat dari judulnya, pada awal video bintang Under Siege ini tampak disambut begitu turun dari mobil. 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Penuh Perhatian

Di sana ia mendapat sambutan oleh tokoh adat setempat. Dalam seremoni ini Steven Seagal yang mengenakan pakaian hitam-hitam tampak menyaksikan dengan penuh perhatian dan sikap hormat. 

Di salah satu bagian, salah satu tokoh adat mencabut mandau dari sarung, mencium dan menempelkannya di beberapa bagian tubuh, lalu meletakannya di atas tanah. 

3 dari 5 halaman

Cium 2 Sisi Mandau

Setelah mendengar penjelasan tokoh adat ini soal apa yang harus ia lakukan, Steven Seagal kemudian berlutut mengambil senjata tajam ini. Ia kemudian mencium kedua sisi mandau, lalu mengembalikannya kepada sang pemiliknya. 

Setelahnya, dalam video ini ia meyaksikan tarian hingga mencoba memainkan alat musik tradisional. 

4 dari 5 halaman

Puji Steven, Senggol Edy

Di kolom komentar, warganet memuji sikap Steven Seagal dan juga kagum ia jauh-jauh mengunjungi tempat ini. 

"Semoga selalu jaya kalimantan semoga sehat selalu untuk steven seagal," kata @ara_ rz1. 

"Mantap Kali Borneo dikenal di Kanca Internasional aktor laga Barat...Sekelas Steven Seagal Bravo...." tutur Jeriko Parsaulian.

Ada pula yang menyenggol Edy Mulyadi, yang menuai kontroversi karena diduga telah menghina Kalimantan dengan kalimat (maaf) tempat jin buang anak. "Berbanding terbalik ini kalo @edi muliady yg dtg....," kata Bagus Arta***.

5 dari 5 halaman

Festival Film

Dari penelusuran di internet, kunjungan Steven Seagal ini terjadi pada April 2019 lalu. Kala itu ia mengunjungi Sarawak, Malaysia, dalam rangkaian festival film Asia Tenggara atau Asean International Film Festival and Awards (AIFFA).

"Steven Seagal @ Sarawak Cultural Visit today for AIFFA 2019 Festival," begitu isi unggahan dari akun Facebook Sarawak Cultural Village 2019 lalu yang juga menampilkan video dalam momen yang sama.