Sukses

Awal Karier Ricky Kambuaya, dari Pemain Sepak Bola Kompleks hingga Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Ricky Kambuaya, saat ini memperkuat klub Persebaya Surabaya. Ia juga masuk dalam Timnas Indonesia, dan belum lama ini bermain untuk Piala AFF 2020.

Permainannya yang ciamik di Piala AFF 2020, membuat Ricky Kambuaya meraih predikat Man of The Match.

Bagaimana kisah pria bernama asli Ricky Ricardo Kambuaya bisa masuk menjadi Timnas Indonesia?

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Diprediksi

Nama Ricky Kambuaya diberikan oleh kakak perempuan orangtuanya dari bahasa Latin. Mereka memprediksi Ricky bakal menjadi pemain bola. Mereka meyakini bahwa suatu hari nanti ia bakal menjadi pesepak bola sukses, dilansir dari kanal YouTube PSSI TV.

3 dari 6 halaman

Suka Bola

Diakui Ricky Kambuaya, kesukaannya dengan si kulit bundar lantaran lingkungan yang kerap bermain bola.

"Di Papua, suka main bola kita sore-sore," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

Main di Kompleks

Dari bermain domini (bola kecil) di kompleks, membuat pria kelahiran Sorong, 5 Mei 1996 menyukai sepak bola. Ia kemudian bergabung dalam tim di kompleks bernama Worthed FC.

"Dari sini saya terbentuk. Sebelumnya ada SSB tapi kalau di Sorong, saya pikir belum terlalu banyak tiga empat tahun lalu," sambungnya.

5 dari 6 halaman

Ikut Seleksi

Setelah itu, Ricky Kambuaya ikut seleksi PON Papua Barat 2016. Setelah itu, Ricky mengaku tak ada panggilan untuknya bergabung dengan klub yang ada di Indonesia.

Melalui koneksi yang ada, Ricky ikut seleksi terbuka di Mojokerto. "Dari Papua langsung ke Mojokerto untuk ikut seleksi terbuka."

6 dari 6 halaman

Masuk Klub

Ricky pun mengikuti Liga 2 selama dua tahun di Mojokerto Putra. Karier Ricky pun berkembang, ia pun bergabung dengan PSS Sleman ke Liga 1.

Pada 2020, Ricky bergabung dengan Persebaya Surabaya hingga sekarang. Ia juga ditarik sebagai skuad Garuda pada Piala AFF 2020.