Sukses

Yuni Gagal Tembus Nominasi Film Fitur Internasional Terbaik Oscar 2022

Liputan6.com, Jakarta Yuni dipercaya mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar 2022 untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik atau yang selama ini dikenal sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik.

Karya sineas Kamila Andini ini sebelumnya menang Platform Prize di Festival Film Internasional Toronto. Di FFI, Yuni kebagian Piala Citra Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Rabu (22/12/2021), Komite Academy Awards mengumumkan short list atau daftar pendek 15 film berbahasa asing yang akan berlaga di Piala Oscar 2022. Sayang, tak ada Yuni di daftar ini.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Putaran Pemungutan Suara

Lima belas film akan maju ke putaran pemungutan suara berikutnya dalam kategori Film Fitur Internasional untuk Academy Awards ke-94. Film dari 92 negara memenuhi syarat dalam kategori ini,” terang komite Academy Awards dalam situs resminya, 22 Desember 2021.

Anggota akademi dari semua cabang diundang berpartisipasi dalam putaran awal pemungutan suara dan harus menonton agar memenuhi syarat minimum untuk memilih dalam kategori tersebut.

3 dari 5 halaman

Di Babak Nominasi

Di babak nominasi, anggota Akademi dari semua cabang diundang untuk ikut serta dan harus menonton semua 15 film terpilih untuk memilih,” tulis komite Academy Awards dalam siaran persnya.

Setelahnya, mereka membeberkan 15 film berbahasa asing yang lolos ke putaran berikutnya. Asia diwakili Jepang lewat film Drive My Car dan A Hero, buatan negeri Timur Tengah, Iran.

4 dari 5 halaman

Film dan Perempuan

Sutradara film Yuni, Kamila Andini, lewat akun Instagram terverifikasinya menjelaskan, “Pengumuman 15 shortlist untuk kategori International Feature Film sudah keluar. Sayangnya YUNI belum berhasil lolos.” Dari pengalaman ini putri Garin Nugroho belajar satu hal penting.

Film seperti juga perempuan tidak bisa sendirian. Film yang baik saja seperti juga perempuan yang pintar saja tidak cukup. Butuh support system dan juga ekosistem yang kuat untuk bisa muncul, bersuara, terlebih lagi bersaing,” Kamila membeberkan.

5 dari 5 halaman

Daftar 15 Film

Berikut 15 film berbahasa asing yang tembus short list dan melenggang ke putaran berikutnya di Oscar 2022, disusun berdasarkan abjad.

 

Austria, Great Freedom

Belgia, Playground

Bhutan, Lunana: A Yak in the Classroom

Denmark, Flee

Finlandia, Compartment No. 6

Jerman, I’m Your Man

Islandia, Lamb

Iran, A Hero

Italia, The Hand of God

Jepang, Drive My Car

Kosovo, Hive

Meksiko, Prayers for the Stolen

Norwegia, The Worst Person in the World

Panama, Plaza Catedral

Spanyol, The Good Boss