Sukses

Reza Rahadian Sorot Peran Jurnalis di Industri Sinema, Dukung Festival Film Wartawan Indonesia

Reza Rahadian menyebut kemajuan industri film tak terlepas dari peran para jurnalis dalam mengapresiasi dan mengkritik.

Liputan6.com, Jakarta Sejak film Indonesia menggeliat, beragam festival atau ajang penghargaan film di samping FFI bermunculan. Terbaru, Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) yang mendapat dukungan Reza Rahadian.

Bintang film Habibie & Ainun menyampaikan dukungan dalam gelar wicara daring yang digelar baru-baru ini. Reza Rahadian menyorot peran jurnalis dalam memajukan industri seni khususnya film Indonesia.

Aktor peraih 4 Piala Citra itu menyebut jurnalis berperan aktif dalam membangun ekosistem film Indonesia. Peran mereka makin krusial kala ekosistem yang telah tumbuh diuji pandemi Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jurnalis dan Film Indonesia

“Jurnalis film bagian aktif dari pembangunan ekosistem perfilman di Indonesia. Karenanya, keberadaan mereka sangat penting dan menjadi salah satu kunci kemajuan film di Indonesia,” kata Reza Rahadian.

“Jurnalis bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan film Indonesia,” imbuh aktor kelahiran Jakarta, 5 Maret 1987, seraya menyelamati lahirnya Festival Film Wartawan Indonesia 2021.

3 dari 5 halaman

Menambah Panjang

Reza Rahadian menambah panjang daftar bintang film dan pekerja seni yang mendukung Festival Film Wartawan Indonesia 2021 yang akan digelar Oktober mendatang.

Sebelumnya, ada Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo Djarot, Niniek L. Karim, Ray Sahetapy, dan sutradara film legendaris Ada Apa Dengan Cinta?, Rudy Soedjarwo.

4 dari 5 halaman

Apresiasi untuk Film

Reza Rahadian mengingatkan, semangat yang diusung ajang penghargaan film adalah apresiasi terhadap karya seni. Ia menjadi cerminan standar terbaik pada tahunnya.

“Selamat dan sukses atas digelarnya Festival Film Wartawan Indonesia. Semoga menjadi salah satu bentuk apresiasi teman-teman jurnalis Indonesia bagi dunia perfilman Indonesia,” pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Perihal Malam Puncak

Dalam kesempatan itu, Ketua Pelaksana FFWI, Wina Armada Sukardi, menerangkan, festival ini hendak mengawal tumbuh kembang industri film Indonesia yang sempat mati suri di dekade 1990-an.

“Malam puncak FFWI akan digelar pada 28 Oktober 2021. Dukungan aktif datang dari Direktorat Perfilman Musik dan Media Baru Kemendikbud Ristek RI. Pada gelaran selanjutnya, kami berharap dapat menggandeng Kementerian lainnya,” urai Wina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.