Sukses

CIX Batal Jual Merchandise Gara-Gara Dugaan Plagiat Manga The Prince of Tennis

Liputan6.com, Seoul - Tanggal 23 Juli lalu, CIX merayakan ultah debut keduanya. Nah, untuk merayakan momen spesial ini, agensinya yakni C9 Entertainment berniat menjual merchandise spesial.

Dalam sejumlah teaser yang dibagikan, tampak bahwa konsep untuk merchandise ini adalah tenis. Namun warganet menilai visual yang ditampilkan terlalu mirip dengan manga terkenal The Prince of Tennis.

Diwartakan Soompi, Senin (26/7/2021), dugaan plagiarisme muncul, dan akhirnya penjualan merchandise grup K-Pop ini batal dilaksanakan. Hal ini diumumkan dalam pemberitahuan C9.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Para Pemain Klub Tenis

"Untuk memperingati ulang tahun kedua debut CIX, kami melakukan pemotretan dan membagikan sejumlah foto dengan konsep 'para pemain di klub tenis.' Kami berencana menggunakan dan menjual kenang-kenangan dengan menggunakan foto ini," kata pihak agensi di awal pernyataannya.

3 dari 5 halaman

Soal Hukum dan Etika

Ditambahkan, "Dalam prosesnya, kami mengidentifikasi bahwa desain pakaian karakter dari sebuah animasi mirip dengan yang dikenakan para personel dalam foto konsep. Di luar masalah hukum, kami setuju bahwa menjual cendera mata dalam situasi ini, bermasalah secara etika."

4 dari 5 halaman

Pengembalian Uang

Alhasil, penjualan merchandise ini dibatalkan sama sekali. Untungnya belum ada produknya yang dikirimkan, dan penggemar yang meakukan pemesanan di awal akan mendapat pengembalian uang.

"Kami akan mencoba lebih hati-hati dalam segala aspek pada masa mendatang. Terima kasih," kata mereka di pengujung pernyataan.

5 dari 5 halaman

Comeback 17 Agustus

CIX sendiri kini tengah menyiapkan comeback yang akan dilakukan pada 17 Agustus mendatang. Foto teaser dari para anggotanya yakni BX, Seunghun, Yonghee, Bae Jin Young, dan Hyunsuk dalam kostum pelaut, telah mulai dirilis.

Albumnya bertajuk OK, dan akan menjadi full album pertama mereka sejak debut pada 2019 lalu.