Sukses

6 Film Terbaik Nicole Kidman: Hari Ini Ulang tahun ke-54, Nomor 4 soal Hantu yang Tak Sadar Sudah Tewas

Liputan6.com, Jakarta Minggu (20/6/2021), Nicole Kidman merayakan ulang tahun ke-54. Memulai karier akting di Australia sejak 1983 lewat film Bush Christmas, sang aktris debut di Hollywood pada 1990 via Days of Thunder.

Film karya sineas Tony Scott ini mempertemukan Nicole Kidman dengan megabintang Tom Cruise. Aktris kelahiran Honolulu ini pernah jadi aktris dengan bayaran termahal sejagat pada 2006, 2018, dan 2019.

Nicole Kidman membintangi lebih dari 80 film, FTV, dan serial. Beberapa di antaranya box office bahkan ada yang mengantarnya meraih Piala Oscar. Laporan khas Showbiz Liputan6.com kali ini merangkum 6 film terbaik Nicole Kidman.

2 dari 7 halaman

1. Lion (2016)

Cerita Lion bertumpu pada Saro Brierley yang versi dewasanya dimainkan Dev Patel. Saro bocah dari India yang terpisah dari keluarga karena tak sengaja terbawa kereta api. Nasib mempertemukan Saro dengan Sue (Nicole Kidman), yang ogah punya anak kandung.

Sue memilih jalur adopsi untuk melanjutkan keturunan. Transformasi wajah dan rambut Nicole plus kehangatannya sebagai ibu tiri mencuri hati penonton. Ia diganjar nominasi Oscar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik pada 2017.

 

3 dari 7 halaman

2. Rabbit Hole (2010)

Tak ada yang lebih menyakitkan bagi orangtua selain kehilangan anak. Rumah tangga Becca (Nicole Kidman) dan Howie (Aaron Eckhart) mendadak anyep setelah buah hati mereka tewas dalam kecelakaan di depan rumah. Psikis Becca terguncang.

Saking keras guncangan, ia mempertanyakan kasih sayang Tuhan. Sesal, duka, kesal, dan putus asa tergambar jelas di wajah Nicole Kidman bahkan sejak menit awal. Sebuah pertunjukan akting yang memukau hati penonton, kritikus, hingga komite Academy Awards.

4 dari 7 halaman

3. The Hours (2002)

Kritikus Peter Travers mendefinisikan akting Nicole Kidman sebagai Virginia Wolf di The Hours dalam tiga kata yakni, superlatif, penuh gairah dan perasaan. Diadu dengan Julianne Moore dan Meryl Streep, performa Nicole Kidman di sini tak lantas kebanting.

Ia meraih Piala Oscar Pemeran Utama Wanita Terbaik berbekal kemenangan di BAFTA dan Gloden Globes, plus nominasi dari SAG Awards. Saat maju untuk menerima Oscar, Russell Crowe mengingatkannya agar jangan menangis saat pidato. Nasihat itu dilanggar.

5 dari 7 halaman

4. The Others (2001)

Nicole Kidman mendunia setelah membintangi Days of Thunder lalu dinikahi Tom Cruise. Saat pasangan ini cerai, banyak yang mempertanyakan masa depan sang aktris di belantara Hollywood. The Others adalah jawaban menohok Nicole untuk mereka yang meragukannya.

“Kidman meyakinkan kita bahwa ia orang normal dalam situasi meresahkan,” puji kritikus legendaris Roger Ebert. Ia diganjar nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik di BAFTA dan Golden Globes. Keputusan Oscars tak melirik performa Nicole di sini adalah lelucon garing!

6 dari 7 halaman

5. Moulin Rouge! (2001)

Tahun 2001 masa keemasan Nicole Kidman. Selain The Others, ia membintangi film musikal Moulin Rouge. Dirilis Desember 2001, karya sineas Baz Luhrmann diklaim kritikus sebagai kuda hitam di Oscars 2002. Benar saja. Moulin Rouge panen delapan nominasi, menang dua.

Peran Satine yang dihidupkan Nicole Kidman diakui kritikus sebagai ujung tombak. Tak akan hidup jika bukan ia yang memerankan. Satine mengantar Nicole Kidman meraih nominasi Oscar pertama. Sayang ia kalah oleh Halle Berry dalam Monster’s Ball.

7 dari 7 halaman

6. To Die For (1995)

Lebih dari seperempat abad berlalu, To Die For warisan sineas Gus Van Sant yang direspek kritikus dan pencinta film. Pada 2007, kritikus Emanuel Levy menyebut To Die For film kecil amoral tentang obsesi menjadi bintang layar kaca, yang dikisahkan dengan gaya urakan.

To Die For (yang menempatkan Nicole Kidman sebagai Suzanne) menampilkan akting terbaiknya hingga kini. Bahkan lebih baik daripada The Hours yang mengantar Kidman meraih Piala Oscar,” Emanuel mengulas. Ada yang masih ingat kegilaan Suzanne?