Sukses

Cinta Laura Sorot Kesenjangan Jakarta dan Kabupaten Bogor, Sinyal Putus-putus Tak Ada WiFi

Liputan6.com, Jakarta Cinta Laura kembali menuai pujian warganet. Ini bermula dari Cinta Laura berbagi pengalaman ketika mengunjungi sekolah yayasan keluarganya, Pangerasan Education Center, di kaki Gunung Salak, Kabupaten Bogor.

Bintang sinetron Cinderella menyadari, pandemi Covid-19 berdampak di semua aspek kehidupan termasuk pendidikan. Banyak siswa tak bisa sekolah tatap muka. Sebagai gantinya, sekolah daring.

Masalahnya, tak semua siswa mampu beli ponsel pintar, atau laptop dan paket data untuk belajar daring. Ini membuat hati Cinta Laura terketuk dan mengimbau publik yang mampu belajar bersyukur.

 

2 dari 5 halaman

Semakin Parah

Dengan situasi COVID-19 yang semakin parah di kota-kota besar, kemungkinan untuk sekolah tatap muka menjadi lebih kecil,” cuitnya di akun Twitter terverifikasinya, Kamis (17/6/2021).

Mungkin untuk kalian yang mempunyai laptop, smartphone dan internet kerugian yang kalian alami menjadi tidak begitu besar. But please, stop being so SELFISH!” Cinta Laura mengingatkan.

3 dari 5 halaman

Tak Usah Jauh-jauh

Banyak anak Indonesia yang tinggal di tempat terpencil belum bisa dan belum siap melaksanakan proses belajar lewat jalur digital. Ironisnya, daerah terpencil ini tak jauh dari Ibu Kota Indonesia.

“Tidak usah jauh jauh! Sekolah ini yang hanya 1 jam dari kota Jakarta pun masih belum bisa membangun access wifi,” bintang film Target dan Jeritan Malam menjelaskan.

 

4 dari 5 halaman

Sinyal Putus-putus

Sinyal pun putus-putus dan banyak dari anak-anak ini harus menunggu sampai malam hari untuk mendapatkan koneksi yang lancar untuk bisa belajar,” tulisnya.

Dari sini tergambar jelas kesenjangan antardaerah di Indonesia. Andainya sudah punya ponsel dan paket data, masih ada tantangan lain yang mesti dijinakkan para siswa, yakni beradaptasi.

 

5 dari 5 halaman

Tak Punya Ponsel Pintar

Terbiasa tatap muka lalu menatap layar ponsel yang kecil bukan hal mudah. “Kebanyakan dari mereka juga sebenarnya tidak mempunyai smartphone, jika punya pun susah untuk bisa mengerti mata pelajaran dari layar kecil,” Cinta Laura menyambung.

Ia menyertakan foto kunjungan bersama para siswa di kaki Gunung Salak. Sang aktris kebanjiran pujian. “Kamu memang luar biasa, sangat sangat peduli dengan semua hal kecil atw pun besar di negara ini,” cetus akun @momo_stif.