Sukses

Umi Pipik Alami Penipuan Berkedok Kelebihan Transfer Uang Saat Aksi Penggalangan Dana untuk Palestina

Liputan6.com, Jakarta - Pipik Dian Irawati alias Umi Pipik tengah mengumpulkan donasi untuk membantu Palestina. Di tengah aksinya itu, istri mendiang Ustaz Jefri Al Buchori ini justru mengalami tindak penipuan dari seseorang tak dikenal.

Aksi penipuan yang dialami ibu empat anak tersebut dibagikan melalui akun Instagram terverifikasinya pada 17 Mei 2021. Umi Pipik mengunggah bukti transfer dari seseorang yang dikirimkan melalui rekening yang menghimpun donasi untuk Palestina.

"Ya Allah ya rabb koq masih ada lho yg tega mau menipu...," tulis Umi Pipik mengawali cerita penipuan yang dialaminya di akun Instagram miliknya. Menurut dia, semua berawal dari penipu yang menghubunginya karena sudah mentransfer sejumlah uang.

2 dari 5 halaman

Transfer Rp500 Ribu

Umi Pipik membagikan chat dari si penipu yang mengaku berniat menyetorkan uang senilai Rp500 ribu untuk didonasikan sebagai bantuan terhadap Palestina. Rupanya, si penipu beralasan kelebihan mentransfer uang hingga mencapai nominal Rp5,5 juta.

3 dari 5 halaman

Dicek

Tak percaya begitu saja, Umi Pipik kemudian melakukan verifikasi terhadap rekening yang dikirimkan si penipu. Hasilnya, ia tak menemukan bukti transfer seperti yang dikirimkan si penipu.

"saya sdh cek di mutasi rekening dan tdk ada yg transfer dgn nominal ini," Umi Pipik mengungkapkan.

4 dari 5 halaman

Diingatkan Agar Sadar

Umi Pipik mengingatkan si penipu agar menyadari perbuatannya. Apalagi, sambung dia, jumlah transfer yang diklaimnya merupakan donasi untuk diberikan ke Palestina.

"semoga yg punya niat menipu ini sadar bahwa ini uang utk kemanusiaan padahal ini uang umat utk saudara2 diplaestina , mohon utk semuanya hati2 ya dgn penipuan ini...🙏," dia menambahkan.

5 dari 5 halaman

Diviralkan

Demi mencegah terjadinya hal serupa, Umi Pipik memutuskan untuk mem-viralkan penipuan yang dialaminya.

"Maaf saya harus share karena takutnya dia mencoba melakukan hal yg sama ke yg lainya..nmr wa nya sdh disimpan oleh admin saya ... Mohon maaf sekali lagi," dia memungkasi.