Sukses

Qasidah Ya Tarim Viral di Media Sosial, Inilah Sosok Penciptanya

Qasidah Ya Tarim menjadi lagu religi yang viral di bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Musisi rama-ramai mengeluarkan lagu religi di bulan Ramadan. Bulan suci ini memang identik dengan hadirnya lagu-lagu religi ataupun shalawat yang selalu dikumandangkan di berbagai jenis media. Di tahun 2021 ini ada beberapa lagu religi yang tengah viral. 

Salah satunya adalah Qosidah berjudul Ya Tarim yang kini sering dijadikan latar belakang musik dalam video di beberapa aplikasi seperti Tik Tok, Instagram, hingga Twitter.

Qasidah yang tengah viral ini ternyata dikarang oleh seorang guru besar Pembina Majlis dzikir dan Shalawat Nurul Musthofa yaitu Alhabib Hasan Bin Ja'far Assegaf.

“Syair ini saya susun di Jakarta tahun 1994, saat pertama kali Habib Umar bin Hafidz datang ke negeri Indonesia dan pertama saya bacakan di depan beliau tahun 2001 waktu beliau datang ke Majelis Nurul Musthofa," ujar Habib Hasan Bin Ja'far Assegaf dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (23/4/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diambil

Arti kata "Ya Tarim" sendiri diambil dari salah satu kota di Yaman bernama Tarim yang dikenal sebagai kota seribu Waliyullah atau Wali Allah. Alhabib Hasan Bin Ja'far Assegaf sengaja mengarang Qasidah ini sebagai khimadnya kepada kota tersebut, agar semua yang membacanya dapat mengingat dan mengenal ulama-ulama terdahulu di kota Tarim.  

“Karangan Qosidah YA TARIM yang saya karang ini sekarang sudah mendunia dan manfaat untuk orang banyak, Saya cukup senang melihatnya, semoga kita yang membacanya mendapat Berkah dari orang-orang Mulia," ungkapnya. 

 

3 dari 4 halaman

Dicover

Qasidah ini rencananya juga akan dicover sebagai single terbaru dari salah satu artis muda yang juga penyanyi religi yaitu Syakir Daulay, atas persetujuan pengarangnya. Syakir yang juga murid  dari Alhabib Hasan Bin Ja'far Assegaf akan merilis singlenya dalam waktu dekat.  

Siapa sosok Alhabib Hasan Bin Ja'far Assegaf pengarang Qasidah YA TARIM.

Alhabib Hasan Bin Ja'far Assegaf, dikenal sebagai ulama kharismatik yang memiliki ribuan jamaah yang tersebar di seluruh indonesia, Majelisnya yang rutin digelar setiap malam ahad di daerah Cilodong Depok, selalu dihadiri ribuan jamaah yang didominasi oleh anak-anak muda dari berbagai wilayah di Jabodetabek. 

 

4 dari 4 halaman

Dakwah

Ulama kelahiran Bogor ini,  memulai dakwahnya di Jakarta sejak Tahun 1994 bermula dari pengajian Al-Qur’an, Zikir dan shalawat dari rumah kerumah, hingga akhirnya mendirikan Majlis Talim  Dzikir dan Shalawat bernama Nurul Musthofa pada tahun 1996 hingga dikenal saat ini.  

Majelisnya yang begitu besar juga banyak didatangi oleh ulama-ulama kharismatik lainya seperti almarhum Ustad Arifin Ilham,  Jeffry Al-Buchori, Syekh Ali Jaber dan ulama-ulam lainya dari dalam maupun luar negeri. 

Alhabib Hasan Bin Ja'far Assegaf juga dikenal banyak mengarang kitab Qasidah,  tak cuma qasidah YA TARIM yang kini tengah viral,  banyak qasidah yang beliau ciptakan dalam perjalanan dakwahnya seperti Robbunal Kahfi, Ya Habibana Abdurahman Segaf dan masih banyak lagi yang bisa di lihat dalam akun Resmi Youtube Broadcast Majlis Nurul Musthofa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.