Sukses

Di Anugerah Perempuan Hebat Indonesia, GM Irene Sukandar Berbagi Soal Edukasi dan Prestasi Wanita di Tengah Dominasi Laki-Laki

Liputan6.com, Jakarta - GM Irene Sukandar, dipilih menjadi salah satu panelis dalam Talkhow di acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia. Anugerah Perempuan Hebat Indonesia adalah acara tahunan yang digelar sejak 2016 oleh Liputan6.com.

Dalam talkshow yang dipandu oleh Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, Irene Sukandar berbagi mengenai padandangannya tentang Hari Kartini. Menurutnya, semua perempuan Indonesia harus bisa meneruskan perjuangan RA Kartini dalam bidang apapun.

Perempuan Indonesia harus bisa terus berprestasi dan memajukan negeri. Irene berharap dapat terus menginspirasi para juniornya di bidang catur.

 

2 dari 4 halaman

Penerus

Irene Sukandar bahkan ingin junior-juniornya bisa jauh melampaui prestasi yang telah ia torehkan selama ini. Menurutnya, bersaing untuk mengungguli satu sama lain itu sangat diperlukan demi kemajuan bangsa. 

"Khususnya bagi generasi penerus seperti saya ini, RA Kartini sudah menggaungkan kesetaraan gender, tugas kita adalah untuk terus berprestasi. Banyak PR yang kita harus lakukan untuk bisa majukan negeri ini. Kalau di catur, saya berusaha menginspirasi junior-junior supaya mereka bisa berprestasi jauh dari apa yang sudah saya capai. Kita harus bisa saling mengungguli satu sama lain demi kemajuan," kata Irene Sukandar pada Rabu (21/4/2021).

 

3 dari 4 halaman

Prestasi

Irene Sukandar misalnya, ia berhasil menyaingi dan menyetarakan dirinya dengan para pecatur yang sebelumnya didominasi oleh kaum laki-laki. Ia beranggapan bahwa wanita juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berprestasi.

"Saya hidup di dunia (catur) yang stigmanya didominasi oleh laki-laki, saya menjadi GM perempuan pertama di Indonesia. Kita bisa mempunyai prestasi yang sama bahkan lebih dari pecatur-pecatur laki-laki," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Edukasi

Di sisi lain, Irene Sukandar juga mengatakan bahwa edukasi juga menjadi hal yang penting bagi perempuan. Pasalnya, hal itu sangat berpengaruh dengan kecerdasan dan perkembangan generasi berikutnya.

"Sangat setuju sekali, hal ini lah yang ingin saya terapkan ke anak juga nantinya. Riset juga mengatakan bahwa kepintaran ibu lah yang akan menurun kepada anak. Saya rasa perlu sekali adanya edukasi dan lain sebagainya dalam hal mengurus anak. Sang ibu yang menjadi awal kecerdasan sang anak," beber Irene Sukandar.

"Orangtua saya, baik ayah dan ibu selalu mengedepankan masalah edukasi, tidak ada perbedaan antara saya dan saudara saya yang laki-laki," sambungnya lagi.