Sukses

Hari Keempat Covid-19, Arief Muhammad Hilang Indra Penciuman dan Perasa Hingga Kesulitan Tidur

Di hari ketiga ia terpapar Covid-19, Arief Muhamma mulai kehilangan indra penciuman. Menyusul setelahnya, indra perasanya juga mulai tak bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Arief Muhammad saat ini diketahui tengah menjalani perawatan di rumah sakit setelah diketahui positif Covid-19 beberapa waktu lalu. Melalui unggahan di Instagram-nya, Arief Muhammad secara berkala meng-update perkembangan kondisinya.

Di hari ketiga ia terpapar Covid-19, suami Tiara Pangsestika itu mulai kehilangan indra penciuman. Menyusul setelahnya, indra perasanya juga mulai tak bekerja.

"covid hari ketiga: tadi pagi, beberapa menit setelah anosmia (indra penciuman hilang), indra perasa juga ikutan hilang. sekarang makan apa aja nggak ada rasanya. positif thinking aja, sekarang kalau makan obat bisa langsung diemut trus telen. nggak perlu bantuan pisang atau air lagi," tulis Arief Muhammad di Instagram-nya pada Minggu (18/4/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Bertahan Lama

Kondisi tersebut tak berlangsung lama, Arief Muhammad mulai bisa merasakan sedikit demi sedikit indra perasa dan penciumannya itu.

"nggak sampai 12 jam penciuman dan perasa mulai balik, nggak 100%, tapi lumayan banget ini udah bisa sedikit ngerasain keduanya. sesuai arahan temen2, dari pagi rutin pancing pakai minyak kayu putih dan parfum," tulis Arief di unggahan lain.

"makan juga sambil dihisap banget dan diinget2 rasanya, cuci2 terus juga hidungnya pakai naci. sekarang kira2 20% ada kali ya berasanya. Alhamdulillah.. semoga nggak temporary..," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Tak Bisa Tidur

Namun di malam harinya, Arief Muhammad mengalami kesulitan tidur. Bahkan ia baru bisa memejamkan matanya menjelang waktu subuh setelah mengonsumsi obat tidur.

"Covid hari keempat: semalem entah kenapa nggak bisa tidur sama sekali. bangun jam 8 pagi hari minggu, sampai jam 4 subuh nggak ngerasa ngantuk sama sekali, padahal badan udah capek, akhirnya minta obat tidur ke dokter, mulai ketiduran jam 5 subuh," tulis Arief Muhammad pada Senin (19/4/2021).

 

4 dari 4 halaman

Kembali Hilang Penciuman dan Perasa

Tak hanya itu saja, indra perasa dan penciuman yang kemarin sempat membaik pun kembali kehilangan fungsinya. Arief Muhammad tidak lagi bisa merasa dan membau dengan hidung dan lidahnya.

"kampret nih, bangun2 indra penciuman dan perasa udah hilang lagi. PHP doang ternyata kemarin, balik sementara aja. pagi ini mulai mau pancing2 lagi nylumin minyak kayu putih. diselingin parfume nuit de feu louis vuitton, siapa tau virusnya pengen cium yang hedon," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.