Sukses

Kontroversi Kalimat Miskin karena Kurang Ibadah, Ustaz Yusuf Mansur: Ingetin Saya Biar Hati-Hati Serta Lebih Bijak Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Ustaz Yusuf Mansur mendadak menjadi kontroversi karena ucapannya saat menyampaikan tausiyah di televisi. Dalam acara yang disiarkan salah satu stasiun televisi nasional itu, ayah Wirda Mansur membahas mengenai ibadah.

Salah satu kalimat yang disampaikan Ustaz Yusuf Mansur membetot perhatian pengguna Twitter dengan akun @FebyIndirani. Ia mempersoalkan kalimat pendakwah yang dikenal melalui ajakan sedekah ini mengenai seseorang menjadi miskin karena kurangnya ibadah.

"Ustaz kondang Yusuf Mansyur baru saja bilang di Metro TV: Mohon maaf, nih, kalau Anda miskin coba cek pasti Anda kurang ibadah. Kasian banget kaum miskin di negara ini, ya, sudah ditindas struktur, disalahkan ustaz," cuit @FebyIndirani yang diunggah di akun Instagram Yusuf Mansur, @yusufmansurnew, Minggu (18/4/2021).

 

 

2 dari 5 halaman

Dibahas Gus Sahal

Cuitan ini menarik perhatian Akhmad Sahal. Cendekiawan muda yang akrab disapa Gus Sahal itu tergelitik dengan pernyataan Ustaz YM yang menyebut orang jadi miskin karena kurang ibadah. 

Melalui akun Twitternya, @sahal_AS, Gus Sahal membantah pernyataan Ustaz Yusuf Mansur. Ia menyinggung permohonan Rasulullah agar bisa meninggal dalam keadaan miskin, yang berarti rendah hati. 

 

3 dari 5 halaman

Disebut Keliru

"Padahal Nabi pernah berdoa: Ya Allah hidupkan dan matikan aku dalam keadaan miskin. Dan kumpulkan diriku (di hari kiamat) bersama orang-orang miskin. Banyak ulama mengartikan miskin di sini sebagai humble, tawadhu, rendah hati. Ustaz YM jelas keliru. Miskin nggak lantas kurang ibadah," cuit Gus Sahal.

 

4 dari 5 halaman

Yusuf Mansur Minta Maaf

Mendapati reaksi dari warganet dan Gus Sahal, Ustaz Yusuf Mansur tak merespons dengan kemarahan. Dia minta maaf kepada warganet dan meminta mereka mengingatkannya agar lebih hati-hati sekaligus bijak ke depannya.

 

5 dari 5 halaman

Lebih Bijak dan Lebih Baik

"Semoga semuanya jadi jariyah baik yaaa.... Yakni ngingetin saya, biar hati2 dan lebih baik serta lebih bijak lagi ke depannya. Apalagi Lambe Turah pun menskrinsyut permintaan maaf saya. Adil dah. Plus siapa tau saya jadi ketemu sama Febi dan Ust Akhmad Sahal," tulisnya.

"Siap belajar. Dari siapa aja. Darimana aja... Kapan aja... Salam buat semua... Mksh atas perhatiannya... Met Arrahmaan. Met al Waaqi'ah... Maafin selalu saya... Ucup Mancur, hehehe...," Yusuf Mansur menyambung.