Sukses

Cerita Pekan Ini: Metamorfosis Song Joong Ki Si Duda Keren Bintang Korea, Dari MC Music Bank hingga Pengacara Mafia di Vincenzo

Liputan6.com, Seoul - Bagi yang tak begitu mengenal industri hiburan Korea, mungkin hanya tahu Song Joong Ki dari statusnya sebagai duda keren dari Negeri Ginseng dan perannya di drakor Descendants of the Sun yang kondang. Namun Song Joong Ki lebih dari sekadar ini.

Sejak tahun-tahun pertama kariernya, ia bahkan dijuluki Leonardo DiCaprio-nya Korea Selatan. Selain punya wajah ganteng, ia juga punya kemampuan akting yang mendapat pujian.

Masa kecil aktor kelahiran 19 September 1985 di Daejeon ini sebenarnya jauh dari dunia hiburan. Diwartakan Soompi pada 2016, saat sekolah mantan suami Song Hye Kyo ini adalah siswa yang pintar secara akademis, sekaligus aktif di olahraga atletik.

Ia bahkan menjadi perwakilan wilayahnya untuk cabang olahraga ini di Dajeon saat SMP, hanya saja berhenti setelah mengalami cedera pergelangan kaki.

Saat kuliah di Sungkyunkwan University di jurusan bisnis, wajah tampannya membuatnya dikenal sebagai salah satu ulzzang, atau sosok yang terlalu rupawan.

Menariknya, tahun 2010 ia tampil dalam drakor yang melambungkan namanya, Sungkyunkwan Scandal, yang berlatar universitas bersejarah ini pada masa Joseon.

Seperti Park Seo Joon dan Park Bo Gum pada awal kariernya, Song Joong Ki juga sempat menjadi MC untuk acara musik kondang Music Bank. Ia bertugas tahun 2009-2010, dan di episode perdananya Song Joong Ki menarikan "Hot Issue" dari 4Minute. 

Film yang meroketkan nama Song Joong Ki lebih jauh rilis pada 2012, A Werewolf Boy. Ia berperan sebagai Chul Soo, remaja yang bertingkah laku seperti hewan liar. Film ini menjadi salah satu film tersukses di Korea pada 2012 dengan 7 juta penonton.

A Werewolf Boy diputar secara perdana di Toronto International Film Festival.

Setelah kembali dari wajib militer pada 2015, kembalinya Song Joong Ki dalam drakor Descendants of the Sun disambut dengan gegap gempita. Perannya sebagai Kapten Yoo Shi Jin tak hanya jadi fenomena di negaranya, tapi juga secara global.

Dalam drama ini bertemu Song Hye Kyo, dan istilah Song-Song Couple pun menggema. Namun, hubungan keduanya berakhir dengan perceraian pada 2019.

Selain Werewolf Boy, film dengan kesuksesan besar lain yang ia bintang adalah The Battleship Island. Film yang diangkat dari kisah nyata ini ia melakoni karakter menantang  Park Moo Young, salah satu pejuang kemerdekaan Korea Selatan. 

The Battleship Island meraih 6,5 juta penonton.

 

Terakhir, ia kembali membintangi drama Korea Vincenzo yang juga mendulang kesuksesan. Tantangan yang ia hadapi di drakor ini tak sedikit, mulai berbicara bahasa Italia juga melakoni adegan yang intens maupun mengocok perut penonton.

Namun toh, karakter Vincenzo Cassano sang pengacara mafia berhasil ia eksekusi dengan ciamik.