Sukses

Terjadi Hal Ini pada Janinnya, Zaskia Sungkar Akan Operasi Caesar

Zaskia Sungkar sebenarnya ingin melahirkan secara normal.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini usia kandungan Zaskia Sungkar sudah memasuki 39 minggu. Istri Irwansyah ini ingin melahirkan anak pertamanya secara normal.

Namun sampai saat ini, posisi janinnya belum dekat ke jalan lahir. Padahal dalam hitungan beberapa hari, kakak Shireen Sungkar ini sudah harus bersalin.

"Sampai kemarin belum ada kemajuan kepala baby-nya nemu jalur lahir, jadi masih terlalu ke atas. Cuma sudah di bawah (kepalanya). Dokter tidak menyarankan induksi. Tadi pas USG tuh dia nggak turun juga. Serviksnya masih panjang perjalanannya," kata Zaskia Sungkar di kanal YouTube-nya, Selasa (30/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harus Beristirahat

Penyebab sang calon bayi belum mendekat ke jalan lahir adalah karena Zaskia kurang jalan kaki semasa mengandung. Itu terjadi karena ia sempat diminta beristirahat pada usia kandungan tujuh bulan.

"Waktu masih tujuh bulan benar-benar disuruh kurangin banget. Nah pas masuk sembilan bulan malah harus banyak jalan tapi sudah terlambat gitu. Ya sudah memang dia belum turun juga, cuma kepalanya sudah di bawah," paparnya.

3 dari 4 halaman

Kata Dokter

Karena kondisi ini, Zaskia Sungkar akhirnya berdiskusi secara serius dengan dokter yang menanganinya. Sang dokter pun memberi pandangan agar Zaskia bisa memilih apakah akan melahirkan secara caesar atau tetap ingin normal.

"Kata dokter intinya yang aku tangkap, perjuangan kita tuh sudah panjang banget. Kalau yang IVF tuh perjuangannya sudah panjang banget, sudah capek banget dari kita program, apalagi aku operasi dulu," paparnya.

"Ibaratnya hamil sembilan bulan, kalau aku kemarin setahun lebih perjuangan buat di sini. Jadi kata dokter 'Jangan sampai bikin kamu stres sendiri', intinya itu yang aku tangkap dari dokter," sambung wanita berhijab ini.

4 dari 4 halaman

Memilih Caesar

Selain masalah tersebut, sebenarnya keadaan janinnya sehat, begitu juga dengan Zaskia. Namun untuk menghindari hal yang tak diinginkan, ia akhirnya memutuskan melahirkan caesar.

"Jadi ya sudah akhirnya kita putuskan untuk caesar, yang penting aku dan baby-nya sehat," ucapnya.

"InsyaAllah bakal caesar, bismillah. Doakan supaya prosesnya lancar, semoga bayi sama mamanya sehat," Irwansyah menimpali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.