Sukses

Nominasi Piala Oscar 2021, Terselip Film Minari Karya Sineas Berdarah Korea

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Academy Awards ke-93 alias Piala Oscar 2021, kini telah sampai pada tahap pengumuman nominasi. Daftarnya dibacakan pada Senin (15/3/2021) malam waktu Indonesia, melalui jalur virtual.

Kategori paling dinantikan dalam Piala Oscar 2021 tentunya seperti sebelum-sebelumnya, yakni kategori Best Picture. Tahun ini, ada delapan judul film yang masuk kedalam kategori tersebut.

Menariknya, ada satu film yang judulnya cukup mencolok dari film lainnya, Minari. Meskipun dicetuskan oleh produser Amerika Serikat, film ini ditulis dan disutradarai sineas berdarah Korea Selatan, Lee Isaac Chung. Bahkan, sejumlah aktor dan aktris dari Negeri Ginseng pun ikut membintanginya.

2 dari 5 halaman

Persaingan dengan Judul Lain

Di kategori Best Picture Piala Oscar 2021, Minari bersaing dengan The Father, Judas and the Black Messiah, Mank, Nomadland, Promising Young Woman, Sound of Metal, dan The Trial of the Chicago 7.

 

3 dari 5 halaman

Enam Nominasi

Menariknya, film Minari masuk dalam enam nominasi Piala Oscar 2021. Selain Best Picture, nominasi lain untuk film ini di antaranya kategori Sutradara Terbaik untuk Lee Isaac Chung, Aktor Terbaik untuk Steven Yeun, hingga Aktris Pendukung Terbaik untuk Youn Yuh-jung.

4 dari 5 halaman

Tentang Apa?

Lantas, tentang apakah film Minari hingga bisa masuk dalam enam nominasi Piala Oscar 2021? Melalui sinopsis yang telah beredar, Minari mengangkat kisah seputar kehidupan keluarga imigran asal Korea Selatan di Amerika Serikat.

Kisah dalam film ini berada pada era 1980, ketika keluarga tersebut mengadu nasib di Arkansas, Amerika Serikat. Memiliki nasib tak semudah yang dibayangkan, keluarga ini harus berhadapan dengan perbedaan budaya hingga stereotip terhadap para imigran.

Berusaha bertahan hidup lebih baik, anggota keluarga ini pun berdebat untuk memutuskan apa yang harus dilakukan ke depannya. Sampai akhirnya seorang nenek dari keluarga mereka datang mengubah segala hal.

5 dari 5 halaman

Menang Penghargaan Lain

Sebelum masuk enam daftar nominasi Piala Oscar, Minari terlebih dahulu memenangkan piala di Grand Jury Prize dan Audience Award di ajang Sundance Film Festival. Minari juga menang Golden Globe Awards 2021 kategori Best Foreign Language Film.