Sukses

Ungkapan Pilu Ratu Elizabeth II Lihat Wawancara Meghan Markle - Pangeran Harry

Ratu Elizabeth II juga prihatin atas pernyataan rasial terhadap anak Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Liputan6.com, London - Dua hari setelah wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry bersama Oprah Winfrey ditayangkan, sang nenek akhirnya buka suara.

Dilansir dari E! News, Rabu (10/3/2021), Ratu Elizabeth II merilis pernyataan resmi lewat Istana Buckingham, merespons wawancara ini.

"Seluruh keluarga merasa sedih mengetahui seberapa besar tantangan yang dihadapi Harry dan Meghan selama beberapa tahun ini," begitu pernyataan Sang Ratu Inggris.

Selain itu, ia juga menanggapi pengakuan Meghan Markle dan Pangeran Harry, soal pernyataan rasial mengenai Archie, saat bocah lelaki itu belum dilahirkan.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ditanggapi Sangat Serius

"Isu yang diungkap, terutama mengenai ras, sangat mengkhawatirkan. Walau mungkin ada ingatan yang berbeda, hal ini ditanggapi dengan serius dan akan disampaikan dalam keluarga secara privat," tutur Sang Ratu.

Seperti diketahui, dalam wawancara dengan Oprah, Meghan dan Pangeran Harry menyebut ada pihak yang bertanya-tanya seberapa hitam kulit Archie bila dilahirkan nanti.

Keduanya menolak mengungkap siapa yang mengucap pernyataan ini. Sementara setelah wawancara ini tayang, Oprah mengonfirmasi bahwa Ratu dan sang suami, Pangeran Philip, bukan orang yang terlibat dalam percakapan warna kulit Archie ini.

3 dari 5 halaman

Keluarga Tersayang

Di pengujung kalimatnya, Ratu Elizabeth II mengucap pesan manis untuk cucu dan cicitnya yang kini menetap di Amerika Serikat.

"Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga yang tersayang."

4 dari 5 halaman

Selayaknya Nenek Sendiri

Dalam wawancara dengan Oprah, Meghan dan Harry menegaskan bahwa hubungan mereka dengan Ratu Elizabeth II sangat hangat.

"Sang Ratu selalu sangat baik kepadaku," tutur Meghan. Ia bahkan melihat perlakuan Ratu Elizabeth II serupa dengan neneknya yang sangat perhatian kepadanya. 

Meghan juga mengatakan ia menghubungi nenek mertuanya saat Pangeran Philip jatuh sakit.

5 dari 5 halaman

Kado Pemanggang Waffle

Begitu pula dengan Pangeran Harry. "Aku lebih banyak berbicara dengan nenekku selama tahun lalu, dibandingkan yang kulakukan bertahun-tahun sebelumnya," tutur Pangeran Harry.

Ia menambahkan, "Nenekku dan aku memiliki hubungan yang baik dan saling mengerti."

Dalam gelar wicara dengan James Corden beberapa waktu lalu, Pangeran Harry bahkan menyebut Ratu Elizabeth II mengirim kado Natal berupa panggangan waffle untuk Archie, yang sangat disukai anaknya. Ia juga mengaku neneknya bisa menggunakan Zoom untuk menghubungi keluarganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.