Sukses

6 Artis Ini Menang Golden Globe Awards Tapi Tak Digubris Oscar, Hingga Kini Belum Dapat Nominasi

Liputan6.com, Jakarta Golden Globe Awards dengan Academy Awards tak selamanya senada dan seirama. Dalam catatan Showbiz Liputan6.com, beberapa pemenang Golden Globe tak digubris komite Oscars.

Secara karier mereka gemilang, menghasilkan karya laris, mendunia bahkan teruji oleh waktu. Namun, belum pernah sekalipun mendapat nominasi Oscar kok rasanya agak gimana, gitu. Sulit dipercaya tapi itu faktanya.

Menyambut malam puncak Golden Globe Awards yang dihelat di AS, 28 Febaruari 2021 atau 1 Maret 2021 waktu Indonesia, laporan khas Showbiz Liputan6.com merangkum artis kelas dunia peraih Golden Globe yang hingga kini tak dapat nominasi Oscar. Duh!

2 dari 7 halaman

1. Jamie Lee Curtis

Pencinta horor tentu kenal Jamie Lee Curtis, bintang film Halloween yang fenomenal. Pada 1994, ia berkolaborasi dengan raksasa Hollywood, yakni Arnold Schwarzenegger dan sineas James Cameron, dalam box office True Lies (film ini ditarik dari peredaran di Indonesia -red).

Perannya sebagai Helen Tasker diapresiasi penonton dan kritikus. Ia menang Pemeran Utama Wanita Terbaik Film Musikal atau Komedi Golden Globe 1995 dan nomine di SAG Awards. Dua modal ini rupanya tak cukup untuk menembus bursa Best Actress di Oscar tahun itu.

3 dari 7 halaman

2. Richard Gere

Aura Billy Flynn dalam Chicago (2002) tak akan memancar jika bukan Richard Gere yang memainkan. Ia meraih Pemeran Utama Pria Terbaik Film Musikal atau Komedi Golden Globe Awards 2003 dan dinominasikan SAG Awards. Ini tak membuat Oscar jatuh hati padanya.

Mungkin karena faktor Chicago bergenre musikal atau komedi. Pada 2012, Richard tampil memikat dalam Abritage dan diganjar nomimasi Golden Globe Pemeran Utama Pria Terbaik Film Drama. Tetap saja gerbang Academy Awards terkunci untuknya.

4 dari 7 halaman

3. Hugh Grant

Babang tamvan dari Inggris, Hugh Grant, memberikan penampilan level dewa dalam Four Wedding and Funeral karya Mike Newell. Ia diganjar Pemeran Utama Pria Terbaik Musikal atau Komedi Golden Globes dan Aktor Terbaik BAFTA, ajang insan film tertua di Inggris.

Pada 1995, Oscars memberi dua nominasi untuk film ini. Sayang, bukan untuk Hugh Grant. Setelahnya, Hugh Grant membuktikan diri punya nilai komersial. Ia membintangi sejumlah film sukses termasuk Love Actually dan Notting Hill yang legendaris.

 

5 dari 7 halaman

4. Jim Carey

Mustahil dunia tak mengenal Jim Carrey. Ia salah satu seniman paling luwes yang bisa tampil ugal-ugalan ala The Mask dan Ace Ventura. Sang aktor juga bisa tampil menyentuh dalam drama kaliber Oscar, Eternal Sunshine of the Spotless Mind.

Pada 1998, Jim membintangi The Truman Show yang mengantarnya meraih gelar Pemeran Utama Pria Terbaik Film Drama. Marwah drama yang konon lebih kuat ketimbang komedi atau musikal nyatanya tak membuat jalan Jim Carey mulus menuju Oscar.

6 dari 7 halaman

5. Madonna

Kejutan besar dibuat Madonna lewat peran Evita Peron via Evita (1996). Setahun kemudian, ia menggenggam Piala Golden Globe Pemeran Utama Wanita Terbaik Musikal atau Komedi. Sayang, Oscars bergeming.

Pada 2012, Madonna kembali meraih Golden Globe kali ini lewat “Masterpice” (lagu tema film W.E.) yang diganjar Soundtrack Film Terbaik. Tetap saja, Ratu Pop ini diabaikan Oscar. Entah apa dosa Madonna pada The Academy…

 

7 dari 7 halaman

6. Taron Egerton

Oscars 2020 sangat menjengkelkan! Pasalnya, sepasang pemenang kategori akting film musikal atau komedi Golden Globe tak dapat nominasi Oscar, yakni Awkwafina (The Farewell) dan Taron Egerton (Rocketman). Absennya Taron dari daftar nomine sangat tidak lucu.

Pasalnya, selain menang Golden Globe ia dinominasikan di SAG Awards dan BAFTA. Oscar mungkin ingin menghormati performa Antonio Banderas di Pain and Glory tapi jangan Taron yang dikorbankan. Mengapa bukan Leonardo DiCaprio di Once Upon a Time in Hollywood?