Sukses

6 Fakta Honest Thief Film Terbaru Liam Neeson, Diterjang Pandemi Covid-19 hingga Panen Rp 410 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Meledaknya trilogi Taken memberi kesempatan kedua bagi Liam Neeson untuk meroket di genre aksi. Tak heran jika setelahnya, sejumlah film yang dibintangi sang aktor bergenre mirip Taken.

Yang terbaru, Honest Thief. Karya sineas Mark Williams mulai tayang di bioskop Indonesia pekan ini. Selain Liam Neeson, Honest Thief diperkuat Kate Walsh dan Robert Patrick.

Di Indonesia, Liam Neeson punya penggemar sendiri layaknya Jason Statham. Apa pun filmnya, pasti disambut. Showbiz Liputan6.com menghimpun enam fakta dari balik layar film Honest Thief. Simaklah.

2 dari 7 halaman

1. Maling Versus Agen FBI

Honest Thief mengisahkan Tom Dolan (Liam Neeson) pencuri lihai yang membuka lembaran baru setelah jatuh hati pada mahasiswa pascasarjana psikologi, Annie Wilkins (Kate Walsh).

Tom menyerahkan diri ke FBI dengan imbalan hukuman diperingan. Proses hukum mempertemukan Tom dengan dua agen FBI, John Nivens (Jai Courtney) dan Ramon Hall (Anthony Ramos). Nahas, dua agen ini malah berupaya menilap hasil curian Tom.

3 dari 7 halaman

2. Syuting Mulai November 2018

Isu kembalinya Liam Neeson ke genre aksi kali pertama berembus pada 12 Oktober 2018. Deadline mewartakan, Liam Neeson dan Kate Walsh dilobi untuk membintangi film tentang perampokan bank.

Belakangan terkuak, si ganteng Jai Courtney juga direkrut untuk proyek Honest Thief. Lancarnya audisi memudahkan proses syuting. Pengambilan gambar dimulai November 2018.

 

4 dari 7 halaman

3. Koreksi Jadwal Akibat Wabah

Januari 2020, Briarcliff Entertainment beroleh hak distribusi Honest Thief. Jadwal rilis pun ditetapkan di 4 September 2020 lalu diundur ke 9 Oktober 2020. Lalu pandemi Covid-19 datang.

Deadline mengabarkan pada Juni 2020, Briarcliff menggandeng Open Road Films untuk mendistribusikan Honest Thief. Jadwal rilis pun dikoreksi menjadi 16 Oktober 2020.

5 dari 7 halaman

4. Performa di Tangga Box Office

Hari pertama penayangan di AS, Honest Thief meraup pendapatan 1,3 juta dolar AS dari peredaran di 2.425 layar dengan catatan 225 ribu dolar di antaranya didapat dari sesi pratinjau.

Ia memuncaki box office. Melansir dari Deadline, akhir pekan kedua, Honest Thief menghasilkan 2,4 juta dolar AS dan masih merajai box office. Seminggu kemudian, ia digulingkan film horor Come Play.

6 dari 7 halaman

5. Sekitar 410 Miliar Rupiah

Lesunya industri bioskop diseluruh dunia akibat pandemi Covid-19 membuat sejumlah film potensial hanya menjadi raksasa kecil di tangga box office. Ini pun terjadi pada Honest Thief.

Box Office Mojo dan The Numbers melaporkan, per 24 Desember 2020, pendapatan total Honest Thief dari seluruh dunia hanya 29,3 juta dolar AS atau sekitar 410 miliar rupiah.

7 dari 7 halaman

6. Padahal Ditanggapi Positif

Meski lagi-lagi bergerak di genre aksi, Honest Thief panen kritik positif. Frank Scheck yang menulis untuk The Hollywood Reporter, menyebut Honest Thief memberi apa yang diharapkan pencinta genre aksi yakni film yang bergerak efisien.

Variety menilai Liam Neeson bukan tidak berkompeten di genre ini. Pergerakannya adalah daya tarik utama. Tertarik menonton? Jangan lupa terapkan protokol kesehatan selama di bioskop, ya.