Sukses

Rapper Anjar Oxs Jadikan Hip Hop Sebagai Terapi Diri, Sukses Lahirkan Ratusan Karya

Liputan6.com, Jakarta - Nama penyanyi rap Anjar Ox's sudah tak asing lagi bagi pecinta musik indie. Rapper yang berkecimpung di dunia musik indie sejak 2010 silam ini juga dikenal dalam menulis lagu.

Anjar Ox's mulai tertarik dengan musik indie, khususnya hip hop, sejak tahun 2008. Pria kelahiran Tangerang 22 Februari 1990 ini memulainya ketika ia sering nongkrong di warnet dan mendengarkan lagu-lagu hip hop dari musisi lokal.

"Bisa dibilang hip hop nyelametin hidup saya. Dulu saya pecandu tahun 2007-an lah. Terus perekonomian keluarga lagi buruk. Saya jadi minder nongkrong, akhirnya pindah tongkrongan ke warnet. Nah, dari situ dengerin lagu-lagu hip hop lokal, seperti Maggie Poros, 8 ball Rap," ujar Anjar Ox's dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini.

2 dari 7 halaman

Pertama Kali Berkarier

Pada 2008, orangtua Anjar Ox's memberinya perangkat komputer. Alhasil pemilik nama asli Anjar Nugraha ini semakin leluasa mendalami dunia hip-hop. Kesungguhannya mempelajari musik hip hop ini membuatnya Anjar Ox's menjadi penyendiri.

Selama berselancar di internet, Anjar berkenalan dengan beberapa komunitas hip hop lewat media sosial Facebook. Ia mencari tahu bagaimana cara membuat instrument musik hip-hop dan mempelajarinya secara autodidak.

Lalu ia mencoba membuat membuat lagu pertama memakai peralatan ala kadarnya. Hanya bermodalkan mic headphone dan instrumen musik yang ia dapat dari rekan-rekan komunitas hip hop yang ia kenal lewat Facebook.

"Dulu cari tahu dan belajar musik hip hop sendiri, autodidak. Awal bikin lagu mungkin lucu. Saya kan enggak pakai peralatan studio, saya cuma pakai mic headphone warnet, musiknya itu boleh minta, di kasih sama beberapa temen rapper. Saya tinggal nulis lirik," ujarnya.

3 dari 7 halaman

Mulai Manggung

Pertama kali membagikan lagu miliknya, Anjar Ox’s menggunakan media fire dan situs musik Reverbnation dengan nama ANJAR OX’S / anjaroxsofficial. Pada tahun 2010, pencapaian pertamanya adalah berhasil kolaborasi dengan idolanya, Emgeez a.k.a Maggie Poros, dengan menyanyikan lagu Coba Kau Buka Mata.

Anjar Ox's merasakan panggung pertamanya pada 2011 di acara musik hip hop di daerah Kalideres jakarta. Setelah itu eksistensinya diakui hingga diundang ke acara-acara kampus.

"Pertama manggung tahun 2011 di daerah Kalideres. Di acara hip hop. Dulu masih ngemper, masih sepi, yang nonton ya yang manggung. Lalu 2012 di acara-acara kampus di temani oleh Egie mc. Enggak dibayar, cuma transport dan akomodasi saja," pungkas Anjar.

Dari tahun 2010 hingga saat ini, sudah ratusan lagu ia ciptakan, dari single hingga kolaborasi dengan sejumlah musisi lokal hip hop (Hip Hop Indonesia). Dalam rentang tahun 2016-2019, Anjar sudah menelurkan empat mini album (EP), yakni Hitam O4 (2016), Di Pantai (2017), Cinta Kita (2018) dan Dalam Pikiranku (2019).

Lagu-lagu ciptaan Anjar Ox's bisa dinikmati penggemar lewat Spotify, iTunes, YouTube dan SoundCloud. Terutama untuk lagu-lagu terbarunya.

4 dari 7 halaman

Tema Lagu-Lagunya

Salah satu lagunya yang berjudul Brother Ku Lupa Diri, pada 2012 populer di kalangan anak muda dan selalu diputar di setiap warnet - warnet. Sejak saat itu, terbentuk Fanbase bernama Ox's Generation yang hingga saat ini telah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Dibantu oleh Delon, Romadlona, Haeider Ali, Masduki, Lubis dan teman-teman lainnya untuk bangkit kembali, akhirnya Anjar Ox’s merilis lagu Ini Takdir Tuhan pada 2015 sukses di pasaran, populer dan digemari. Lagu ini pula menjadi salah satu ciptaannya yang ia tulis dalam keadaan tidak baik-baik saja.

Lagu Ini Takdir Tuhan lahir dari kegetiran dan keikhlasan melepas kebahagiaan yang hanya singgah sementara. Menceritakan tentang kisah perceraian dengan mantan istri terdahulunya.

Sebagian besar lagu-lagu yang ditulis oleh Anjar Ox's tercipta dari berbagai cerita kehidupan, kondisi anak-anak muda: dari percintaan, patah hati hingga depresi. Lagu-lagu yang ia ciptakan memberi semangat dan motivasi anak-anak muda putus asa untuk segera bangkit dari masa kelam.

"Daripada curhat sama orang, mending bikin lirik dan jadi karya. Pokoknya, saya terus menekankan mau lu sesedih dan sedepresi apapun, lu jangan pernah putus asa dan tetaplah di planet bumi,  jangan sampai bunuh diri lah," katanya.

5 dari 7 halaman

Sempat Ingin Vakum

Setelah menikah pada 2016 lalu, Anjar Ox's sempat ingin vakum dari dunia musik hip-hop lantaran kanal YouTube-nya beberapa kali terkena banned. Hilangnya kanal YouTube miliknya itu membuat para penggemarnya bertanya-tanya kemana akun idolanya itu.

Akhirnya dibantu rapper asal Gorontalo, Ecko Show, mengupayakan membuat akun baru masih dengan nama ANJAR OX'S tanpa harus ke-banned lagi. Ecko Show sendiri termasuk rapper yang jadi inspirasinya kala itu.

Anjar Ox's dan Ecko Show juga memiliki beberapa lagu bersama, diantaranya Berkacalah (2016), Kasih Pica (2017) dan Pikir Lagi. Ecko Show adalah salah satu sosok yang juga berjasa bagi anjar.

"Saya curhat waktu itu, apa gue ganti nama aja, ya? Katanya jangan, nggak lucu, lu udah lama pakai nama ANJAR OX’S dan sudah banyak dikenal. Pokoknya dia telah berjasa. Dia salah satu rapper yang saya sukain dulu, terus beberapa kali kolab," papar ayah satu anak ini.

Tahun 2017 kanal YouTube miliknya berhasil bertahan hingga saat ini tanpa kendala lagi. Di tahun yang sama, Anjar memutuskan vakum sementara untuk fokus bekerja menjadi staff di salah satu kantor kelurahan di Kota Tangerang.

 

6 dari 7 halaman

Terjun di Indie

Pertengahan tahun 2018, Anjar berhenti dari pekerjaannya dan kembali berkarir di dunia permusikan indie. Ia lanjut berkarya menulis lagu. Pada 2019 hingga saat ini masih berjalan menulis lagu untuk full album perdananya yang ia tergetkan rampung pada 2021 mendatang.

"Selama Covid nulis lirik karena mau bikin full album perdana. Sebelumnya kan cuma single dan mini album, ini full. Sudah dikerjakan sejak 2019 dan ini masih berlanjut. Mudah-mudahan kelar," ujar Anjar.

Lagu-lagu dalam full album tersebut masih menceritakan tentang kesedihan, ketakutan dan harapan. Tampaknya, lagu-lagu lirik sendu tetang kehidupan menjadi ciri khas Anjar Ox's.

"Karena kebahagiaan hal yang semu kalau menurut saya," katanya.

 

7 dari 7 halaman

Terapi Diri

Sementara sebanyak tiga potongan lagu barunya telah ia bocorkan di Instagram pribadinya @real_anjaroxs. Ia berharap, karirnya terus berjalan mulus dan lagunya bisa di gemari oleh setiap masyarakat Indonesia.

Bagi Anjar Ox's, bermusik adalah bagian dari terapi diri dan musik hip hop memberi kepuasan tersendiri untuknya. Menurutnya, ia bisa leluasa menuangkan perasaanya dari berbagai suasana hati dengan cara yang edgy.

Agar tak monoton, selain hip hop/rap, Anjar Ox's menambahkan sentuhan genre lain agar tidak monoton ke setiap lagu2 miliknya, seperti Alternative Rock, Metal, Reggae Dan Alternative Pop. Tapi  hip hop yang di bawakan oleh Anjar Ox’s lebih cenderung ke Emotional hip hop, Trap music, Rap Rock, dan Emo Rap. Sebagai musisi independen, Anjar Ox's memproduksi lagu-lagunya sendiri di rumah sejak 2016 yang diberi nama ELBM Record.