Sukses

6 Fakta Film Asih 2, dari Syuting Saat Pandemi Covid-19 Hingga Rizal Mantovani Kesetrum Ario Bayu

Sineas Rizal Mantovani membeberkan sejumlah fakta menarik dari lokasi syuting film Asih 2. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Kamis (24/12/2020), Asih 2 meneror jaringan bioskop. Film karya Rizal Mantovani ini spin-off alias sempalan dari Danur Cinematic Universe. Ia diharapkan menyusul Asih yang sukses mengumpulkan 1,7 juta penonton.

Asih 2 menampilkan barisan bintang kondang, yakni Ario Bayu, Marsha Timothy, dan Shareefa Daanish. Tayang di tengah pandemi Covid-19, Asih 2 diharapkan memulihkan kepercayaan penonton terhadap bioskop.

Film ini diproduksi MD Pictures. Silakan menonton dengan mematuhi protokol kesehatan selama berada di bioskop. Sebelum menonton, simak dulu 6 fakta menarik di balik layar film Asih 2.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Rizal Penggemar Danur

Proyek Asih 2 kali pertama ditawarkan ke Rizal Mantovani pada Mei-Juni 2020. Kala itu, ia tak langsung mengiakan pinangan pihak Manoj Punjabi. Rizal Mantovani tertarik dan ingin menyimak sinopsisnya.

“Saya sendiri penggemar Danur Cinematic Universe. Saya menonton Danur I Can See Ghosts, Maddah, dan Asih. Sunyaruri saya terlewat. Tiga film ini membuat saya jatuh hati,” cerita Rizal Mantovani.

 

3 dari 7 halaman

2. Cerita Dulu, Horor Kemudian

Alasan lain mau menyutradarai, Rizal Mantovani kesengsem dengan sinopsis Asih 2, yakni dokter yang kehilangan anak dan meyakinkan sang suami agar mau mengadopsi gadis kecil.

“Kita belum bahas elemen horor. Baru sinopsis dan saya suka. Setelah menerima naskah utuh, saya membayangkan Asih 2 ini bisa dinikmati meski Anda belum menonton 3 film Danur dan Asih jilid pertama,” ulasnya seraya menambahkan, syuting digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

 

4 dari 7 halaman

3. Kenangan Selalu Jatuh Cinta

Ini kolaborasi pertama Rizal Mantovani dan Marsha Timothy di layar lebar. Sebelumnya, ia mengarahkan sang aktris yang jadi model video klip Anang dan Krisdayanti, “Selalu Jatuh Cinta” dari album Sepuluh Tahun Pertama.

“Astaga itu sudah lama banget, sekitar 2004 atau 2006, belasan tahun lalu. Marsha melewati proses panjang hingga jadi aktris besar,” terang Rizal Mantovani saat diinterviu Showbiz Liputan6.com via telepon, Rabu (23/12/2020).

 

5 dari 7 halaman

4. Sisi Humanis Marsha Timothy

Dalam Asih 2, Marsha Timothy sebagai dokter Silvia. Rizal Mantovani menilai di tangan Marsha Timothy, karakter Silvia hidup dan masuk akal berkat pendekatan humanis. Salah treatment, karakter Silvia tidak akan menyentuh hati penonton.

“Marsha memakai pendekatan humanis sehingga dalam film, Silvia tak terlihat memaksa suami agar mau adopsi anak. Saya enggak bisa membayangkan kalau bukan Marsha yang melakukannya,” ia memaparkan.

 

6 dari 7 halaman

5. Kesetrum Ario Bayu

Asih 2 juga menandai kolaborasi pertama Rizal Mantovani dan Ario Bayu. Ia kagum dengan semangat sang aktor mengulik setiap adegan. Bahkan, Rizal menyebut spirit Ario di lokasi syuting bagai energi listrik yang menyengatnya.

“Kelihatan kok, aktor yang syuting sekadar menunaikan kewajiban dengan yang kerja pakai hati. Ario ngulik dan mencermati motivasi tokoh dalam setiap adegan. Saya kesetrum dengan gaya kerjanya,” Rizal menyanjung.

 

7 dari 7 halaman

6. Bersemangat Habis Itu Syok

Oktober 2020, proses editing Danur 2 selesai karena tim bekerja intens. Setelahnya, Manoj Punjabi mengabarkan film ini akan tayang di pengujung Desember 2020. Mendengar ini, Rizal Mantovani bersemangat.

“Saya dengar jadwal rilis Danur 2, dua bulan lalu. Saya excited karena tahap pascaproduksi berjalan mulus. Lima menit kemudian saya bilang: Wait, ini masih pandemi,” cetusnya. Namun melihat hasil akhirnya, Rizal dan Manoj yakin Danur 2 mampu menyihir banyak penonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.