Sukses

Bagaimana Nasib Iz*One Usai Korban Kecurangan Produce 101 Terkuak?

Lee Ga Eun dan Han Cho Won seharusnya bisa bergabung di Iz*One, tapi tersingkir karena urutan pemenang dimanipulasi.

Liputan6.com, Seoul - Pengadilan telah mengumumkan nama-nama korban manipulasi Produce 101, termasuk para trainee yang seharusnya bisa bergabung dengan Iz*One (penulisan resminya adalah IZ*ONE).

Mengingat Iz*One adalah satu-satunya grup lulusan waralaba Produce 101 yang masih aktif, muncul desakan sebagian orang untuk membubarkan grup pelantun "Fiesta" ini. Alasan yang kerap disampaikan, adalah untuk memberikan keadilan kepada trainee yang kariernya dirugikan karena kecurangan ini. 

Mnet selaku penyelenggara Produce 48—musim ketiga Produce 101 yang melahirkan Iz*One—akhirnya buka suara nasib grup ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Ada Perubahan

Mnet memastikan bahwa tak ada perubahan jadwal aktivitas Iz*One tahun ini. "Sebagaimana dijadwalkan, Iz*One akan merilis album baru pada 7 Desember, dan mereka juga rencananya akan menghadiri MAMA 2020 pada 6 Desember," begitu pernyataan Mnet. 

3 dari 5 halaman

Tanggung Jawab Mnet

Mnet memastikan agensi Iz*One yakni Off The Record Entertainment dan Swing Entertainment, tetap menjalankan tugas mereka untuk mengelola karier Jang Won Young dkk. 

Mereka juga menegaskan ke-12 anggota Iz*One tak ada sangkut pautnya dengan kontroversi Produce 101. 

"Tanggung jawab terhadap situasi Produce seluruhnya berada di pundak Mnet. Mnet akan bertanggung jawab penuh kepada para trainee yang menanggung kerugian, dan kami akan berupaya sepenuhnya untuk mendukung Iz*One, yang kini tengah berpromosi dan para anggotanya telah mengejar mimpi masing-masing sebagai artis," Mnet menambahkan. 

4 dari 5 halaman

Minta Maaf

Barulah di akhir pernyataan, Mnet meminta maaf atas manipulasi ini. 

"Kami secara tulus berterima kasih kepada penggemar yang selalu mencintai dan mendukung Iz*One. Lebih jauh lagi, kami meminta maaf kepada semua pemirsa yang menaruh perhatian dan mendukung para trainee yang dirugikan karena situasi ini," begitu penutup pernyataan Mnet. 

5 dari 5 halaman

Dua Korban

Seperti diketahui, dari empat musim Produce 101, ada 12 trainee yang menjadi korban kecurangan Mnet. Di Produce 48 atau musim ketiga, korbannya ada dua orang yakni Lee Ga Eun dan Han Cho Won.

Lee Ga Eun dan Han Cho Won seharusnya bisa bergabung di Iz*One, karena di babak final mereka masing-masing berada di urutan lima dan enam.

Namun pada episode terakhir acara ini, Lee Ga Eun diumumkan berada di tempat ke-14, dan Han Cho Won di posisi 13.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.