Sukses

Cardi B Minta Maaf Usai Dikecam karena Tirukan Dewi Hindu

Cardi B mengakui dirinya kurang riset.

Liputan6.com, Los Angeles - Cardi B lagi-lagi jadi sorotan. Kali ini karena fotonya saat tampil di Footwear News. Dilansir dari E! News, Kamis (12/11/2020), dalam pemotretan tersebut Cardi B hendak mempromosikan sneakers merah yang merupakan kolaborasinya dengan Reebok.

Ia tampil dengan gaun merah, dan tangannya memegang sepatu sporty tersebut. Hanya saja Cardi B digambarkan tak hanya memiliki dua tangan, melainkan delapan. Posenya juga dibuat mirip seperti penggambaran Dewi Durga dari agama Hindu. 

Diwartakan Hindustan Times, unggahan Instagram Footwear News juga menunjukkan bahwa sang rapper memang menirukan Dewi Durga. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Durga

"Dengan gaun Georges Hobeika, ia memberi penghormatan kepada Urga, Dewi Hindu yang melambangkan perlindungan, kekuatan yang terus beresonansi di masa modern selama berabad-abad. Seperti Durga, Cardi B adalah seorang wanita dominan yang bersuara pada masa genting," begitu isi caption unggahan tersebut, yang kini telah dihapus. 

Rupanya, tindakan ini membuat berang warganet, terutama pemeluk agama Hindu. 

 

3 dari 5 halaman

Dianggap Tak Menghargai

Banyak warganet yang beranggapan bahwa pelantun "Bodak Yellow" tersebut telah melakukan appropriation, menampilkan elemen budaya atau agama demi kepentingan sendiri, tanpa memperhatikan nilai aslinya.

"Budayaku bukan jadi ALAT MEMASARKAN PRODUKMU," tutur seorang warganet. Ada pula yang merasa Cardi B tak menghargai budaya mereka.

4 dari 5 halaman

Arahan Tim Kreatif

Cardi B lantas buru-buru meminta maaf dan mengutarakan klarifikasinya.

"Saat aku melakukan pemotretan Reebok, pihak kreatif mengatakan bahwa aku akan 'merepresentasikan seorang dewi, yang melambangkan kekuatan, femininitas, dan pembebasan'. Dan itu adalah sesuatu yang sangat kusukai dan 'aku banget'," tuturnya di Instagram. 

 

5 dari 5 halaman

Kurang Riset

"Kupikir ini keren banget, tapi bila orang merasa aku menyinggung budaya atau agama mereka, aku ingin minta maaf. Itu bukan niatku. Aku tak suka menyinggung agama siapa pun. Aku tak suka orang menyinggung agamaku," kata wanita yang baru rujuk dengan sang suami, Offset.  

Ia mengakui seharusnya meriset konsep pemotretan itu sebelumnya. 

"Aku tidak berniat untuk bersikap tak hormat...Aku tak bisa mengubah masa lalu, tapi di masa mendatang aku akan lebih melakukan riset," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.