Sukses

Jadi YouTuber, Boy William: Gue Enggak Kayak Raffi Ahmad yang Bangun Tidur Viewers 2 Juta

Liputan6.com, Jakarta Sukses jadi YouTuber, Boy William mengaku perjuangannya tak semudah yang dipikirkan orang. Awalnya, program Nebeng Boy adalah hasil kolaborasi dengan WebTV Asia. Hampir semua video konten yang diunggah disaksikan lebih dari sejuta orang.

Kolaborasi berakhir dan Boy William mencoba berdiri sendiri. Di sinilah perjuangan dimulai. Jumlah penonton menyusut drastis. Ini membuat artis kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1991, syok berat.

“(Jumlah) penontonnya semakin ngedrop, kita sebagai orang yang kebiasaan melihat angka segitu, sakit mata. Waduh, kenapa ini jadi turun ya, salahnya di mana. Lo pasti merasakan,” kata Boy William.

 

2 dari 5 halaman

Akhirnya Gue Sadar...

Susutnya jumlah penonton adalah momen yang tak diantisipasi oleh Boy William. Saat itu ia berpikir kesuksesan yang didapat tempo hari bukan fenomena yang normal. Itu keajaiban dari Sang Khalik.

“Akhirnya gue sadar, apapun yang diberikan Tuhan tempo hari, itu bukan normal. Yang gue tahu adalah YouTube sejuta (penonton), YouTube sejuta. Gue jadi menyadari bahwa gue dikasih bonus,” imbuh Boy William.

3 dari 5 halaman

Angka yang Naik Turun

Ia menyampaikan ini dalam video “Gila, Rumah Boy William Kayak Hotel Bintang 5 di Bali, Mewah Bgt!” yang mengudara di kanal YouTube Melaney Ricardo, Jumat (16/10/2020).

“Sekarang gue dikasih angka yang naik turun, kadang ada yang dibawah 100 ribu. Gue sama artis luar negeri kadang di bawah 100 ribu,” bintang film Dimsum Martabak dan Di Balik 98 menyambung.

 

4 dari 5 halaman

Prilly Latuconsina 5 Juta

Salah satu pencapaian terbaik Boy William ternyata saat mewawancara artis lokal yakni Prilly Latuconsina. “Tapi ada juga yang sama Prilly Latuconsina jalan 5 juta views,” ujar Boy William. Berkaca pada pengalaman ini, ia menyimpulkan dalam profesi apapun zona nyaman melenakan.

Bahkan, menumpulkan kreativitas. Boy William berusaha menyimpan keresahan agar terus mencari ide segar. “Dulu gue dikasih perasaan nyaman, tenang saja (target viewers) pasti kepegang. Sekarang, Tuhan kayak bilang: Gue enggak mau lo merasakan itu,” beri tahu Boy yang tiga tahun jadi YouTuber. 

5 dari 5 halaman

Gue Enggak Kayak Raffi

“Gue enggak kayak Raffi Ahmad atau Atta Halilintar yang keren banget, bangun tidur langsung viewers-nya bisa langsung 2 jutaan. Orang kan beda-beda, kalau gue butuh amunisi,” akunya.

Mendengar ini Melaney Ricardo menimpali, “Mereka beli kerupuk di warung saja viewers-nya bisa satu juta, kita kayaknya harus muntah darah, harus berjuang setengah mati untuk dapat 1 juta viewers.”