Sukses

Alyssa Soebandono Batasi Aktivitas Anak di Luar Rumah Selama Covid-19, Psikolog Ingatkan Ini

Alyssa Soebandono memberlakukan kebijakan pembatasan aktivitas anak di luar rumah selama wabah Covid-19 meski berisiko bikin jenuh.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memperingati Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2020. Alyssa Soebandono punya catatan khusus terkait Hari Anak Nasional yang dirayakan di tengah wabah Corona Covid-19.

Pertama, Alyssa Soebandono mengingatkan, orangtua harus menyadari anak-anak adalah generasi yang akan memajukan bangsa di masa depan. Peran mereka sangat berharga.

Alyssa Soebandono menyebut, tugas utama orangtua yakni mengupayakan tumbuh kembang anak-anak secara optimal. Ini dilakukan Alyssa Soebandono kepada dua buah hatinya, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Malik Narendra Harlino.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kegiatan Selama Karantina

Diakui Alyssa Soebandono, membesarkan anak selama wabah bukan hal mudah. Bintang sinetron Samudra Cinta serta Upik Abu dan Laura menempuh kebijakan membatasi aktivitas anak di luar rumah.

Konsekuensinya, sebagai ibu ia harus kreatif agar dua anaknya tidak jenuh. “Aktivitas di luar rumah anak-anak dibatasi. Orangtua dituntut lebih kreatif dalam mencari kegiatan seru selama masa karantina ini,” beri tahu istri Dude Harlino.

3 dari 5 halaman

Suasana Rumah Senyaman Mungkin

Dalam kondisi ini, peran orangtua sangat krusial. “Saya selalu berusaha membuat suasana rumah senyaman mungkin. Saya mencari konten-konten edukasi di platform digital agar mendapat ide segar saat di rumah saja,” imbuhnya.

Merespons kebijakan Alyssa Soebandono, psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., mengingatkan salah satu tugas orangtua selama pandemi Covid-19, yakni mengasah kreativitas.

4 dari 5 halaman

Guru Buat Anak di Rumah

Kuncinya, mengembalikan peran Alyssa Soebandono dan para ibu lain sebagai guru pertama di rumah. “Mungkin ibu bukan seorang guru di sekolah, tapi penting bagi bunda agar bisa jadi guru buat anak di rumah. Kembalikan konsep orangtua sebagai guru pertama dan utama bagi si kecil.”

Hal ini terungkap dalam kegiatan daring “Bersatu dan Kuat Festival” bersama SGM Eksplor. Selain dihelat pada Sabtu (25/7/2020), kegiatan ini akan hadir kembali pada 29 Agustus dan 26 September 2020.

5 dari 5 halaman

Bersatu dan Kuat

Alyssa Soebandono membenarkan pentingnya fungsi ibu sebagai guru pertama anak. Sementara itu, Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, menyebut Bersatu dan Kuat Festival pada 25 Juli 2020 sesuai dengan tema peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, “Anak Indonesia Gembira di Rumah.”

“Kami menyediakan berbagai konten edukatif dan aplikatif agar para orangtua tetap bisa mengembangkan lima potensi prestasi anak generasi maju yaitu berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, supel, mandiri, dan percaya diri,” urai Astrid seraya berharap wabah Covid-19 segera berlalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.