Sukses

Anak Mengira Omas Tertidur, Bukan Meninggal Dunia

Omas telah pergi untuk selamanya pada Kamis (16/7/2020) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Omas telah mengembuskan napas terakhir di usia 54 tahun. Ia meninggal dunia di kediamannya, Depok, Jawa Barat, setelah berjuang melawan komplikasi penyakit.

Dio Ambiah, putra Omas, menceritakan detik-detik sebelum sang ibunda meninggal dunia. Awalnya, ia sedang menonton acara televisi bersama anak-anaknya.

"Jadi dia tadi pas jam setengah delapan lagi nonton TV biasa kan, saya tinggal bentar buat ngasih makan kucing terus saya nitip ke adik saya," kata anak Omas di rumah duka, Kamis (17/7/2020) malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ada yang Berbeda

Saat Dio kembali, ia melihat ada yang tak biasa dari kondisi Omas. Pelawak legendaris ini seperti tidak mengembuskan napas.

"Sekitar jam delapan kurang sepuluh saya sudah balik lagi. Terus jalan ke kamar mandi saya lihat dia kok perutnya enggak ngembang kempis gitu, enggak kayak orang lagi bernapas," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Dikira Tertidur

Dio pun mengecek kondisi Omas, memastikan bahwa bintang sinetron Cinta Fitri baik-baik saja. Namun Tuhan berkehendak lain. Pemain lenong Betawi ini tak bisa diselamatkan.

"Saya kira tidur soalnya matanya setengah terbuka, terus saya cek napas di hidung sudah enggak ada dan saya bangunin sudah lemas. Tangannya sudah dingin banget," ia menjelaskan.

4 dari 5 halaman

Mama Sudah Tak Ada

"Terus saya memanggil kakak saya yang pertama dan ngasih pertolongan pertama tapi enggak ada reaksi. Barulah kita manggil saudara semua kalau mama sudah enggak ada," sambung Dio Ambiah.

 

5 dari 5 halaman

Sesak Napas dan Tersedak

Sebelumnya, pada sore hari, Omas sempat sesak napas. Kondisi ini terjadi secara berulang hingga waktu petang.

"Pas habis asar tuh dia tiba-tiba sesak lagi. Kita kasih minum air lagi pelan-pelan. Alhamdulillah baik lagi. Nah puncaknya itu pas magrib. Dia kesedak sampai nyesek gelagapan, tapi dikasih minum segala macam tetap enggak ada reaksi apa-apa. Sampai akhirnya berhenti sendiri," ungkap Dio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.