Sukses

Maia Estianty Dukung Dul Jaelani ke Psikiater, Ahmad Dhani: Itu Enggak Masuk Akal

Liputan6.com, Jakarta Usai perceraiannya dengan Maia Estianty, ujian hidup kembali menyambangi Ahmad Dhani saat Dul Jaelani mengalami kecelakaan, 8 September 2013 dini hari di Tol Jagorawi.

Dalam kecelakaan itu, lebih dari lima orang dikabarkan tewas. Dul Jaelani ditetapkan sebagai tersangka. Diakui Ahmad Dhani, tidak mudah menghadapi dan menyelesaikan masalah sebesar ini.

“Dan memang… gue bukannya sombong ya, it’s not easy,” cetus Ahmad Dhani ketika diwawancara Daniel Mananta dalam video bertajuk “Ahmad Dhani: Agama, Politik, dan Peradaban,” yang dirilis di kanal YouTube Daniel Mananta Network, Sabtu (20/6/2020).

2 dari 5 halaman

Didatangi Sejumlah Ayah

Ahmad Dhani bercerita, usai tragedi itu, sejumlah ayah yang anaknya menabrak orang mendatanginya. “Mas Dhani, anak saya nabrak satu orang meninggal, saya saja sudah kayak orang gila, Mas. Apalagi Mas Dhani tujuh. Gue enggak ngerasa bangga, bukan. Tapi saya bangga bisa melaluinya dengan baik,” Ahmad Dhani mengingat.

Penulis lagu “Kangen” dan “Aku Milikmu” bangga sekaligus bersyukur bisa melewati ujian tersebut tanpa bantuan Maia Estianty.

3 dari 5 halaman

Tanpa Bantuan Maia

“Dan saya melakukannya sendiri, maksudnya saya tidak dibantu oleh ibunya Dul. Saya melakukannya sendiri semua, mengatasi keluarga ini, keluarga ini, satu dua tiga… saya sendiri mengatasi tanpa bantuan dari ibunya,” tegasnya.

Selama proses hukum bergulir, Dul Jaelani sempat menemui psikiater dengan dukungan Maia Estianty. Terkait hal ini, Ahmad Dhani tak setuju dan melempar kritik tajam.

4 dari 5 halaman

Harimau atau Singa

Musisi kelahiran Surabaya, 26 Mei 1972, ini mengumpamakan dirinya harimau atau singa. “Jadi begini, saya selalu bilang sama Dul, ayah itu harimau, ayah itu singa. Kamu tuh anak singa. Tapi karena dia tinggal sama ibunya, dia ikut ke psikiater,” ia bercerita.

Mendengar pengakuan ini, Daniel Mananta terkejut. “Oh dia sudah ke psikiater? Gue pikir belum,” cetusnya. “Sudah. Aku enggak pernah setuju anakku Dul ke psikiater,” Ahmad Dhani merespons.

5 dari 5 halaman

Enggak Masuk Akal

Bahkan, Ahmad Dhani menilai langkah Dul Jaelani menemui psikiater tak masuk akal. “Namamu ini Abdul Qadir Jaelani la kok berani-beraninya psikiater menasihati kamu? Itu menurut ayah enggak masuk akal. Itu pilihannya Dul-lah,” paparnya, panjang.

Ahmad Dhani menyebut ada perbedaan pola didik antara ia dan mantan istri. “Dia tinggal sama ibunya, ya itu cara didik ibunya ya seperti itu. Ngerti enggak lo? Kalau cara didik gue, enggak ada. Gue akan didik keras bagaikan anak harimau atau anak singa,” ia menambahkan.