Sukses

Rahmawati Kekeyi Diduga Jiplak Hit Rinni Wulandari, Pencipta Lagu Aku Bukan Boneka Bereaksi

Liputan6.com, Jakarta Single baru Rahmawati Kekeyi, “Keke Bukan Boneka” meledak di jagat maya. Di YouTube, “Keke Bukan Boneka” menjadi yang terpopuler, menggilas tembang anyar Lady Gaga dan Blackpink.

Sayang, kesukesan Rahmawati Kekeyi dibarengi gosip miring. Ada bagian lagu “Keke Bukan Boneka” yang sama dengan hit lawas Rinni Wulandari, “Aku Bukan Boneka.”

Beberapa jam kemudian, pencipta lagu “Aku Bukan Boneka,” Novi Umar bereaksi atas single baru Rahmawati Kekeyi yang mirip karyanya. Melalui kanal YouTube dan Instagram pada Sabtu (30/5/2020), Novi Umar membuat pernyataan sikap.

2 dari 5 halaman

Pernyataan Sikap Novi Umar

Dalam video berdurasi 3 menit dan 55 detik, Novi Umar mengaku menerima banyak pesan dari teman lewat chat pribadi, Instagram, Twitter, dan Facebook terkait bagian lagu “Aku Bukan Boneka” yang dipakai penyanyi lain.

“Ada bagian dari lagu yang pernah saya buat untuk sahabat saya Rinni yaitu 'Aku Bukan Boneka' itu dipakai oleh penyanyi yang lain untuk single barunya,” beri tahu Novi Umar.

 

3 dari 5 halaman

Memaklumi Tapi...

Ia melanjutkan, “Menurut saya, saya mungkin akan memaklumi si penyanyi ini karena penyanyi ini bukan penyanyi yang sudah memiliki album atau sudah memiliki sekian banyak single sebelumnya.” Maka wajar jika penyanyi anyar ini tidak paham tentang karya cipta dan hak kekayaan intelektual orang lain.

“Tapi yang saya sayangkan adalah saya yakin penyanyi ini memiliki manajemen atau manajer. Atau tempat label yang dia rilis single ini paham. Sangat paham sekali akan hal itu. Nah, itu yang saya sayangkan,” Novi Umar menukas.

4 dari 5 halaman

Mengambil Hak Tanpa Izin

Bagian lagu “Aku Bukan Boneka” yang dicomot untuk single Rahmawati Kekeyi pendek. “Nah itu tinggal diganti: Keke bukan boneka… boneka… boneka…. Part ini salah satu yang menjadi semacam racunnya lagu 'Aku Bukan Boneka',” terang Novi Umar.

Puncak lagu “Aku Bukan Boneka,” kata Novi Umar, ada di bagian itu. Inilah yang disesalkan Novi Umar. “Itu menurut saya sama saja dengan mengambil hak saya tanpa seizin saya,” ia menyambung.

 

5 dari 5 halaman

Novi Akan Respek Jika...

“Saya akan lebih respek jika sebelumnya berkomunikasi ke saya pribadi atau ke Sony Music sebagai label tempat saya bernaung,” sesalnya. Sebelumnya, Rinni Wulandari melontar sindiran kepada Rahmawati Kekeyi lantaran lagu “Keke Bukan Boneka” mirip lagunya.

Mengunggah potongan lagu Rahmawati Kekeyi pada Sabtu (30/5/2020), Rinni Wulandari mencuit, “Setelah sekian lama, akhirnya bisa nyanyi Aku Bukan Boneka lagi bareng temen duet baru.” Rupanya, “Keke Bukan Boneka” ditulis Rahmawati Kekeyi sendiri.