Sukses

Rahmawati Kekeyi Disindir Rinni Wulandari, Single Barunya Mirip Lagu Aku Bukan Boneka

Liputan6.com, Jakarta Yang sedang viral di jagat maya, single baru Rahmawati Kekeyi yang sukses mendepak lagu Lady Gaga featuring Blackpink. Sabtu (30/5/2020), single anyar Rahmawati Kekeyi yang bertajuk “Keke Bukan Boneka” menjadi yang terpopuler di YouTube.

Bersamaan dengan itu, muncul kontroversi. Sebagian lagu “Keke Bukan Boneka” terdengar mirip dengan tembang milik Rinni Wulandari, “Aku Bukan Boneka” dari album Tetap Milikmu yang dirilis Sony Music pada 2007.

Walhasil, Rahmawati Kekeyi jadi bulan-bulanan warganet. Situasi sepanjang hari kemarin makin panas setelah Rinni Wulandari melontar sindiran kepada Rahmawati Kekeyi lewat akun Twitter-nya yang diikuti 128 ribu orang lebih. 

2 dari 5 halaman

Detik ke-13

Lewat sebuah video, Rinni Wulandari mengunggah potongan videoklip “Keke Bukan Boneka” berdurasi 12 detik yang disambung adegan ia menyanyikan lagu “Aku Bukan Boneka.”

Pada detik ke-13, Rinni Wulandari melengking membawakan lirik “Keke bukan boneka…” dalam nada yang persis dengan single lawasnya. Usai melengking, Rinni Wulandari memasang ekspresi datar dengan mata tajam ke arah kamera.

3 dari 5 halaman

Teman Duet Baru

Setelah sekian lama, akhirnya bisa nyanyi Aku Bukan Boneka lagi bareng temen duet baru,” tulis Rinni Wulandari sebagai status teks. Sontak, sindiran juara Indonesian Idol musim keempat itu bikin jagat maya geger.

Hingga artikel ini disusun, sindiran Rinni Wulandari dicuit ulang hingga 8.300 kali dan disukai lebih dari 18.400 orang. Publik sadar, ada kemiripan melodi antara “Keke Bukan Boneka” dan “Aku Bukan Boneka.”

4 dari 5 halaman

Dugaan Jiplak Lagu

Warganet berspekulasi bahwa sebagian melodi single baru Rahmawati Kekeyi menjiplak hit lawas Rinni Wulandari. “Kalo lagu itu enggak ijin sampel dari ‘Aku Bukan Boneka’ bisa di tuntut ini,” cetus seorang warganet.

Warganet dengan akun @tirtops lantas menjelaskan, “Musik disinyalir plagiat kalo part-nya punya kemiripan sebanyak lebih dari 8 bar.”

5 dari 5 halaman

Reaksi Kunto Aji

Lebih lanjut @tirtops menerangkan, “Lagu ini ketukan 4/4, berarti 1 bar = 4 ketuk. nah, part 'kiki bukan boneka' memang mirip sama punya mbak rini. tapi kalo dihitung itu baru 4 bar. jadi bisa dibilang itu belum masuk plagiarism sih (kalo ada yg lebih tau boleh koreksi).”

Menyadari sindiran Rinni Wulandari, penyanyi Kunto Aji terbahak-bahak. “Rin hahahaha,” cuit pelantun “Terlalu Lama Sendiri.” Nyonya Jevin Julian menyahut, “Yes, Ji.” Ibu satu anak ini membubuhkan tiga emotikon wajah tersenyum simpul. Pihak Rahmawati Kekeyi belum merespons sindiran Rinni.