Sukses

Pak Tile dan 3 Artis Lawas yang Hidupnya Prihatin Jelang Akhir Hayat

Liputan6.com, Jakarta - Mempertahankan profesi sebagai seorang artis memang bukanlah perkara yang sangat mudah. Hal itu juga terjadi pada Pak Tile dan sejumlah artis lawas lainnya.

Tentu orang-orang membayangkan bahwa mendiang artis lawas ternama seperti Pak Tile, menyisakan aset berharga sebelum meninggal dunia, seperti mobil dan barang-barang mewah lainnya.

Pada kenyataannya, Pak Tile dan artis-artis ini tak menyisakan barang-barang mewah hingga akhir hayatnya. Bahkan, ia sempat hidup sangat sederhana bersama keluarganya.

2 dari 10 halaman

Memang Sempat Sukses

Namun, jangan salah. Para artis ini juga sempat sukses hingga merasakan kehidupan yang bergelimang harta. Sayangnya di masa senja, mereka seolah kurang diperhatikan oleh para pelaku industri hiburan.

3 dari 10 halaman

Sama Seperti Mereka yang Masih Hidup

Bahkan, nasib serupa juga dialami oleh para artis senior yang hingga kini masih bertahan hidup. Misalnya saja Ken-Ken, Tessy, Eddy Gombloh, dan Aminah Cendrakasih.

4 dari 10 halaman

Dicap Miskin

Saking kehidupan mereka sederhana setelah keluar dari dunia hiburan, artis-artis ini kerap dicap miskin oleh sejumlah pihak. Begitu juga dengan mereka yang sudah meninggal dunia.

5 dari 10 halaman

Dikenang

Namun, sejumlah artis yang hidupnya prihatin hingga mereka meninggal, tetap dikenang oleh para penggemar setianya.

6 dari 10 halaman

Siapa Saja?

Lantas, siapa saja deretan artis lawas yang hidupnya prihatin hingga akhir hayat mereka? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

7 dari 10 halaman

1. Enun Tile

Sosok yang biasa dipanggil Pak Tile ini, dikenal luas sejak tampil dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Sayangnya, menjelang akhir hayatnya pada 1998, Pak Tile hanya sanggup tinggal di sebuah rumah kayu di tepi sungai.

Bahkan, rumah tersebut masih harus ia sewa dengan biaya sebesar Rp50 ribu per bulan. Ditambah lagi, Pak Tile dan istrinya kala itu sudah memiliki delapan orang anak.

8 dari 10 halaman

2. Bambang Triyono

Generasi anak era 1990-an tentunya sangat mengenal sosok Bambang Triyono yang dikenal sebagai Kentung di sinetron Tuyul dan Mbak Yul.

Sayangnya, kesuksesan Bambang sebagai sahabat si Ucil itu tak bertahan lama. Sejak 2010, Bambang mengidap stroke dan terpaksa hidup di kontrakan kecil dengan fasilitas seadanya. Aktor bertubuh tambun ini akhirnya meninggal dunia pada 2015.

9 dari 10 halaman

3. Laila Sari

Pada masa jayanya, Laila Sari sering tampil di banyak film, sinetron, serta acara televisi. Bahkan saat memasuki usia manula, ia masih aktif di dunia hiburan.

Namun, ketika suami dan ibunya sakit bersamaan, hampir seluruh harta Laila Sari terkuras demi pengobatan dua orang tercintanya itu.

Alhasil, Laila Sari pun menyambung hidupnya dengan membuka warung kecil hingga akhirnya ia meninggal dunia pada 20 November 2017.

10 dari 10 halaman

4. M. Amin

Mereka yang merasakan sebagai anak-anak era 1990-an, pastinya sangat mengenal Om Jin dalam sinetron Jin dan Jun.

Tawa sang aktor, M. Amin, sangat khas. Gayanya yang kocak pun menjadikannya sebagai idola tersendiri bagi sejumlah anak-anak pada era itu.

Sayangnya menjelang akhir hayatnya, nama M. Amin tak pernah muncul ke publik sebagai seorang aktor. Pada 2013, M. Amin menghadap Sang Pencipta. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ia bertahan hidup dari bantuan tetangga, bahkan untuk sesuap nasi.