Sukses

Musisi Agus Sukirno Cari Info Virus Corona Sampai ke Eropa

Agus Sukirno meminta kepada masyarakat untuk mengikuti pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Virus corona atau Covid-19 membuat sebagian besar musisi prihatin, tak terkecuali Agus Sukirno dan istrinya Chika Agustine. Mereka pun mengajak masyarakat Tanah Air untuk tetap waspada terhadap virus yang oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO dinyatakan sebagai pandemi global tersebut.

Agus Sukirno dari duo Agus dan Chika pun berupaya mencari informasi hingga ke Eropa. Dia mencoba menghubungi salah satu pejabat Kedutaan Besar RI di Berlin, Jerman, Dhani Eko Wibowo. Namun, dia tersambung dengan istri Dhani, Yulita Wibowo.

Menurut Agus Sukirno, sebagaimana informasi yang diterimanya dari Yulita bahwa sejauh ini kasus positif Covid-19 sudah mencapai 112.519, dan 8.228 yang meninggal dunia, sementara 82.866 dinyatakan sembuh. 

"Melihat ini, WHO telah mengumumkan Covid-19 sebagai pandemi global dan di Indonesia disetarakan dengan kejadian luar biasa (KLB) dan bencana nasional," ungkap Agus menirukan penuturan dari Yulita Wibowo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengikuti

Menyaksikan fakta tersebut, Agus pun meminta masyarakat Indonesia untuk mengikuti saran dari pemerintah seperti menjaga kebersihan diri di antaranya rajin cuci tangan dengan sabun pada air mengalir selama 30 detik, mencuci pakaian dengan deterjen, mandi setelah pulang beraktivitas seharian. 

Selanjutnya, menjaga penularan Covid-19 melalui penggunaan masker apabila merasakan gejala flu, menjaga jarak dengan orang yang sedang flu minimal 2 meter. Lalu, mengenali dengan cermat gejala Covid-19 yaitu batuk kering, demam berkepanjangan di atas 37,5 derajat celcius, kesulitan bernafas, dan hendaknya pergi ke dokter jika mengalami ini. Dan sebisa mungkin mengurangi kegiatan di luar rumah.

 

3 dari 4 halaman

Interaksi

Chika pun menambahkan, dari pengurus kampungnya di Ciledug, Tangerang Selatan diinformasikan bahwa masyarakat untuk saat ini diimbau untuk menghindari interaksi dengan banyak orang, dan tidak melakukan kontak badan, serta menunda kegiatan yang mengundang banyak orang hingga dua pekan ke depan. "Untuk informasi lainnya mengenai pencegahan virus corona bisa didapat di media sosial terkait," ucap Chika yang menyadur informasi dari Ketua RT-nya, Haryono. 

"Kita harus sadar diri dengan menjaga dan melindungi diri dan keluarga serta lingkungan agar kondisi dunia cepat membaik dan kita bisa melakukan rutinitas kita dengan normal kembali," sambung pemilik nama lengkap Chika Agustine.

 

4 dari 4 halaman

Tenang

Sementara itu, untuk mengetahui kelengkapan data kasus Covid-19 di seluruh dunia, Chika dan Agus menyarankan masyarakat untuk melihatnya di situs www.worldometers.info/coronavirus. Menurut mereka berdua, informasi tersebut didapatkannya langsung dari Dhany Eko Wibowo dan Yulita Wibowo. 

Bagaimanapun juga, duo Chika dan Agus berharap agar seluruh masyarakat tetap tenang dan tidak panik. "Selalu gunakan masker bagi yang sedang sakit, dan segera kunjungi dokter atau rumah sakit apabila mengalami gejala-gejala seperti yang kami paparkan tadi," ungkap Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.