Sukses

Sonic The Hedgehog Meledak, Ini 6 Film Adaptasi Video Gim yang Raih Sejuta Penonton di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sonic The Hedgehog tayang di Indonesia mulai pekan lalu. Dibintangi Jim Carrey dan James Marsden, film Sonic The Hedgehog diramal mudah mendulang sejuta penonton di Indonesia.

Minggu (1/3/2020) malam, Sonic The Hedgehog yang diadaptasi dari video Sega meraih 630 ribu penonton lebih di Tanah Air. Sebelumnya, Sonic The Hedgehog bertengger di puncak box office AS, pertengahan Februari 2020.

Memasuki pekan kedua, Sonic The Hedgehog mendulang pendapatan kotor hingga 2 triliun rupiah. Sonic The Hedgehog diprediksi menulai sukses di Indonesia. Mengingat, banyak film adaptasi gim yang tembus sejuta penonton di Tanah Air, empat tahun terakhir. Apa saja? Showbiz Liputan6.com punya daftarnya, selamat menyimak.

2 dari 7 halaman

1. Pokemon Detective Pikachu (1,17 juta)

Dengan biaya produksi lumayan fantastis, yakni 150 juta dolar AS (sekitar 2,1 triliun rupiah), film yang dibintangi Ryan Reynolds dan Justice Smith mengeruk pendapatan kotor 433 juta dolar AS (6 triliun). Pokemon Detective Pikachu bukan favorit kritikus mengingat, saat diedarkan di bioskop, film ini ditanggapi beragam.

Pendapatan tinggi ini mencerminkan antusiasme pencinta film terhadap Pokemon Detective Pikachu. Mengutip data akun Twitter pemerhati film @bicaraboxoffice, film ini menarik 1,17 juta penonton lebih di Indonesia.

3 dari 7 halaman

2. Rampage (1,84 juta)

Konon film aksi apapun asal bintangnya Dwayne Johnson alias The Rock pasti laku. Rampage yang diadaptasi dari video gim mempertemukan bintang Fast and Furious dengan gorila raksasa berbulu putih dan aktris nomine Oscar Naomi Harris. Serangan kritikus tak membbuat Rampage melempem di pasar.

Rampage panen uang 428 juta dolar AS (hampir 6 triliun). Di Indonesia, karya sineas Brad Peyton merangkul 1,84 juta penonton. Mas Dwayne mah, enggak ada matinya.

4 dari 7 halaman

3. Tom Raider (1,51 juta)

Selamat tinggal Angelina Jolie, selamat datang Alicia Vikander. Peraih Oscar lewat film The Danish Girl ini dipercaya memerankan Lara Croft. Biaya produksi film ini relatif kecil jika dibandingkan dengan Rampage atau Detective Pikachu.

Pendapatan kotornya pun hanya separuh dari Rampage dan Pokemon Detective Pikachu, yakni 275 juta dolar AS (3,85 triliun). Nama besar Lara Croft rupanya masih mendapat tempat di hati pencinta film Indonesia. Lebih dari 1,5 juta penonton memadati bioskop, kala itu.

5 dari 7 halaman

4. Warcraft (1,11 juta)

Dipayungi Legendary Pictures dan Universal, sineas Duncan Jones memindahkan Warcraft dari video gim ke layar putih. Diperkuat para bintang seperti Travis Fimmel dan Dominic Cooper, Warcraft jadi peserta kompetisi musim panas 2018.

Hasilnya tidak fantastis tapi juga tak bisa dibilang buruk. Mengumpulkan laba kotor 6,14 triliun rupiah dari seluruh dunia, Warcraft menyedot 1,11 juta penonton di Indonesia.

6 dari 7 halaman

5. Resident Evil: The Final Chapter (1,87 juta)

Raesident Evil brand kuat video gim yang melegenda di layar lebar. Saking laris, film ini dibuat beberapa jilid yakni Resident Evil (2002), Resident Evil: Apocalypse (2004), Resident Evil: Extinction (2007), Resident Evil: Afterlife (2010), Resident Evil: Retribution (2012), dan Resident Evil: The Final Chapter (2016).

Aktris cantik Mila Jovovich identik dengan tokoh Alicia Marcus alias Alice. Tidak heran jika di Indonesia saja, film ini menyihir lebih dari 1,8 juta penonton.

7 dari 7 halaman

6. Assassin’s Creed (1 juta)

Mengejutkan saat film adaptasi video gim merekrut para bintang papan atas Hollywood. Assassin’s Creed diperkuat Michael Fassbender serta 2 peraih Oscar yakni Marion Cotillard dan Jeremy Irons. Sayang, para bintang papan atas ini tak berdampak besar pada performa Assassin’s Creed di tangga box office dunia.

Dimodali 125 juta dolar AS, film ini hanya mampu mengais 247 juta dolar AS dari seluruh dunia. Di Indonesia, karya Justin Kurzel ini bikin kejutan dengan menarik atensi 1,002 juta penonton.