Sukses

Joaquin Phoenix Menang di Golden Globes 2020, Pidatonya Disensor

Liputan6.com, Los Angeles - Performa Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck di film Joker mendapat pengakuan dalam Golden Globes 2020 yang digelar Senin (6/1/2020) pagi waktu Indonesia. Ia berhasil memboyong piala untuk kategori Aktor Utama dalam film Film Drama.

Seperti lazimnya ajang penghargaan, Joaquin Phoenix naik ke atas podium Golden Globes 2020 untuk menerima piala dan mengucapkan pidato kemenangannya. Ternyata pidato kemenangan Joaquin Phoenix ini membuat heboh.

Tak hanya satu, ada beberapa alasan yang membuat pidato Joaquin dibicarakan publik. Yang pertama, karena pidatonya di Golden Globes 2020 mengandung sejumlah kata kasar.

Variety dan CNN mencatat pidatonya ini akhirnya disensor dalam siaran di saluran televisi NBC.

2 dari 6 halaman

Disensor

Salah satu kalimatnya yang akhirnya disensor adalah saat ia menyebut sebenarnya tak ingin membuat kegaduhan. Kegaduhan itu terjadi begitu saja.

"Contrary to popular belief I don't want to rock the boat. The boat is fu***ng rocked," tuturnya.

3 dari 6 halaman

Makanan tanpa Daging

Tak hanya itu, Joaquin Phoenix juga memuji keputusan penyelenggara Golden Globes yang tak menyajikan makanan berbahan daging.

"Pertama-tama aku ingin berterima kasih kepada Hollywood Foreign Press karena mengakui dan memahami kaitan antara budidaya ternak dengan perubahan iklim. Ini adalah langkah yang berani, membuat [sajian] malam ini berbahan tumbuhan dan ini benar-benar memberikan pesan yang kuat," tuturnya.

4 dari 6 halaman

Dipuji PETA

Organisasi penyayang hewan PETA bahkan mengunggah ulang pidato kemenangan Joaquin dan memuji sang aktor dalam Twitter resmi mereka.

"Penampilannya sebagai Arthur di #Joker tidak bisa dilupakan, sama seperti pidato kemenangannya," tulis juru bicara PETA.

 

5 dari 6 halaman

Sindir Seleb Hollywood

Selain itu, aktor 45 tahun ini mengkritik sejumlah seleb Hollywood yang tidak pro dengan isu lingkungan. Termasuk kebiasaan mereka menumpangi pesawat pribadi.

"Bagus memang kalau kita ikut pemilu tapi terkadang kita harus ikut bertanggung jawab dan membuat perubahan yang mengorbankan diri kita. Aku harap kita bisa melakukannya, kita kadang tak harus menumpang jet pribadi ke Palm Springs, please," tuturnya.

Pidato kemenangan Joaquin langsung membuat heboh dunia maya. Tak sedikit yang bertepuk tangan atas keberanian bintang Gladiator ini dalam mengutarakan pendapatnya.

 

6 dari 6 halaman

I Love You

Selain kritik dan pujian soal isu lingkungan, Joaquin Phoenix juga tak lupa mengucap terima kasih kepada para lawan mainnya dan sutradara Joker, Todd Phillips.

Ia juga mengucap satu kalimat manis untuk sang kekasih, aktris Rooney Mara. "Rooney, i love you," katanya dengan suara tercekat menahan tangis. 

Konser Satu Cara #MusicAgaintsCorona | Kamis, 9 April 2020 dan Jumat, 10 April 2020
Loading