Sukses

X1 dan IZ*ONE Didiskualifikasi dari Golden Disc Awards, Ini Kata Penyelenggara

X1 dan IZ*ONE tidak disertakan dalam penilaian babak pertama dan kedua oleh dewan juri GDA.

Liputan6.com, Seoul - Hari pertama dari Golden Disc Awards atau GDA ke-34 baru saja dihelat pada Sabtu (4/1/2020) kemarin. Dalam penyelenggaraan GDA hari pertama tersebut, kekalahan X1 mendapat sorotan luas dari para penggemar.

Pasalnya, X1 diprediksi bakal keluar menjadi pemenang dalam kategori Rookie of The Year.

Alasannya, X1 memperoleh hasil fenomenal dalam debut mereka pada Agustus 2019. Bahkan penjualan album mereka mencapai rekor untuk debut sebuah grup K-Pop. Namun ternyata piala dalam kategori ini diraih oleh grup TXT dan ITZY.

Dilansir dari Soompi, Minggu (5/1/2020), penyelenggara akhirnya buka suara soal nasib X1 dalam perhelatan bergengsi ini. Grup yang dimotori oleh Yohan dkk ini ternyata didiskualifikasi dari jajaran yang masuk nominasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Skandal Produce 101

Tak hanya X1, ternyata grup lain yang juga merupakan alumni Produce 101, IZ*ONE, juga didiskualifikasi. Girl group ini, awalnya masuk dalam nominasi Album Division Bonsang.

Kedua grup ini tidak disertakan dalam penilaian babak pertama dan kedua oleh dewan juri GDA. Alasannya, ternyata karena skandal manipulasi Produce 101.

3 dari 5 halaman

Dikeluarkan dari Daftar

"Nominasi dipilih berdasarkan rangking dari penilaian kuantitatif. Namun, kami memutuskan bahwa dalam situasi di mana staf produksi Produce disidang, bukan hal yang tepat untuk memberikan penilaian kepada nomine yang timnya dibentuk secara tidak sah, jadi X1 dan IZ*ONE dikeluarkan dari daftar," tutur seorang juri penghargaan ini.

 

4 dari 5 halaman

Parameter Pemenang

Sekadar informasi, parameter penentuan pemenang dalam penyelenggaraan GDA adalah 60 persen konsumsi terhadap lagu dan 40 persen evaluasi dari dewan juri. Untuk kategori Rookie Awards, 60 persen merupakan penjualan lagu dan album serta 40 persen penilaian dewan juri.  

Dewan juri terdiri dari member eksekutif GDA, kritikus musik, pelaku industri, dan jurnalis budaya.

Tahun ini, jumlah pakar dalam dewan juri ditambah 20 orang untuk memperkaya variasi sudut pandang dan membuat penilaian yang lebih obyektif.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemenang

Berikut daftar pemenang GDA hari pertama:

Digital Song of the Year (Daesang): BTS

Digital Song Division Bonsang: Jannabi, MC the Max, ITZY, AKMU, Chungha, Jennie Blackpink, Paul Kim, Taeyeon SNSD, Twice, BTS

Best Group: Mamamoo

Best Solo Artist: Hwasa Mamamoo

Best New Artist: TXT, ITZY

Best R&B/Hip Hop: Zico Block B

Best Trot: Song Ga In

Next Generation Award: Kim Jae Hwan, AB6IX, Ateez

Producer’s Award: Bang Shi Hyuk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini