Sukses

Frozen 2 dan 5 Film Walt Disney Ini Tembus 1 Miliar Dolar AS, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Pekan ini, studio raksasa Walt Disney bungah. Pasalnya, ada satu lagi produk mereka yang tembus 1 miliar dolar AS. Minggu (15/12/2019), Frozen 2 meraup pendapatan kotor 1 miliar dolar AS.

Dengan pencapaian ini, Frozen 2 berpeluang menyempurnakan prestasi pendahulunya. Seperti diketahui, Frozen rilisan 2013 membawa pulang pendapatan kotor 1,27 miliar dolar AS. Kabar lain yang tak kalah membanggakan, ada 6 film Walt Disney yang tembus 1 miliar dolar tahun ini.

Para pemerhati film bahkan menyebut setelah Frozen 2 ada 1 lagi rilisan Disney yang berpeluang menembus 1 miliar dolar AS, yakni Star Wars: The Rise of Skywalker. Kali ini Showbiz Liputan6.com mengajak Anda melihat kembali 6 film Walt Disney yang masuk klub 1 miliar dolar AS di 2019. Apa saja?

2 dari 7 halaman

1. Captain Marvel (1,12 miliar dolar AS)

Avengers: Infinity War berakhir dengan pesan untuk seseorang berlogo bintang. Penggemar komik Marvel garis keras bersorak. Logo itu milik Captain Marvel. Pertanyaan yang kemudian muncul siapa Captain Marvel dan apa kiprahnya di Avengers: Endgame?

Disney jago mengatur waktu dan menjaga penasaran publik. Dua bulan sebelum Avengers: Endgame dilempar ke pasar, film pertama Captain Marvel dilepas. Hasilnya, meledak! Dirilis Februari 2019, film ini menyerap 1,12 miliar dolar AS dari seluruh dunia. Awal yang indah buat Disney.

3 dari 7 halaman

2. Avengers: Endgame (2,79 miliar dolar AS)

Inilah film paling menguntungkan sepanjang sejarah layar lebar dunia sekaligus menandai lengsernya Avatar dari puncak film terlaris sejagat. Dirilis dalam dua versi (regular dan penambahan adegan), Avengers: Endgame menyedot 2,79 miliar dolar AS.

Avengers: Endgame yang dirilis April 2019 juga menandai berakhirnya sebuah fase. Disney-Marvel konon menyiapkan tim Avengers dengan konfigurasi anyar. Banyak yang menduga, Avengers: Endgame akan dapat tempat di hati komite Oscars setidaknya di kategori teknis.

4 dari 7 halaman

3. Aladdin (1,051 miliar dolar AS)

Trailer resminya dicibir. Pandangan para pencibir berubah saat menonton Aladdin secara utuh. Di luar efek visual yang ciamik, trio Will Smith-Mena Massoud-Naomim Scott memenangkan hati penonton.

Anggapan Aladdin tak akan tembus 1 miliar dolar AS karena segmented pupus. Permadani ajaib menerbangkan karya Guy Ritchie ke gerbang klub 1 miliar dolar AS. Lewat film ini, Guy Ritchie menebus aib yang dibuatnya dua tahun lalu lewat King Arthur: Legend of the Sword.

5 dari 7 halaman

4. Toy Story 4 (1,073 miliar dolar AS)

Bukan. Toy Story ternyata bukan trilogi. Sembilan tahun setelah Toy Story 3 membawa pulang 2 Piala Oscar dibuatlah sekuel dengan kisah tak kalah menyentuh. Sineas Lee Unkrich berbekal naskah Michael Arndt melanjutkan petualangan Woody dan kawan-kawan.

Di pundak Lee ada beban berat. Selain meraih 2 Piala Oscar, Toy Story 3 pulang dengan pundi-pundi 1,06 miliar dolar AS. Untunglah, beban itu berhasil diempas. Lihat berapa pendapatan kotor film ini!

6 dari 7 halaman

5. The Lion King (1,33 miliar dolar AS)

Disebut kurang punya hati, hanya menggambar ulang The Lion King 1995 agar tampak lebih nyata, dan cuma jadi ajang kangen-kangenan. Kritik negatif kritikus tak memudarkan minat awam menyaksikan The Lion King versi kekinian.

Dengan biaya produksi terlalu mahal (260 juta dolar AS), The Lion King mengaum di puncak box office dengan hasil akhir 1,33 miliar dolar AS. Plus bonus 2 nominasi Golden Globe untuk Film Animasi Terbaik dan Lagu Tema Film Terbaik, "Spirit" yang dinyanyikan kanjeng ratu Beyonce.

7 dari 7 halaman

6. Frozen 2 (1,032 miliar dolar AS)

Mohon dicatat, angka 1,032 miliar dolar AS yang ditorehkan Frozen 2 masih akan terus bertambah. Film ini diramal akan bertahan hingga awal tahun depan saat Golden Globes mengumumkan pemenang dan Oscars merilis daftar nominasi.

Sejak awal, Frozen 2 diyakini mudah masuk klub 1 miliar dolar AS. Dibiayai 150 juta dolar AS, Frozen 2 balik modal pada 7 hari pertama. Bahkan, langsung untung. Adakah ini membuat Disney menggagas Frozen 3?