Sukses

Leonardo DiCaprio Bersuara Usai Dituduh Presiden Brasil Biayai Pembakaran Amazon

Liputan6.com, Los Angeles - Baru-baru ini Leonardo DiCaprio mendapat tuduhan tak main-main dari Presiden Brasil, Jair Bolsonaro.

Dilansir dari Reuters, pada Jumat (29/11/2019) kemarin, Jair Bolsonaro menuding Leonardo DiCaprio telah membiayai pembakaran Hutan Amazon.

Tuduhan ini ia layangkan kepada Leonardo DiCaprio meski tanpa dukungan bukti.

"Leonardo DiCaprio ini keren kan? Memberi uang untuk membakar Amazon," tutur Jair Bolsonaro di istana kepresidenan.

 

2 dari 7 halaman

Bantahan WWF

Sang Presiden diperkirakan mengomentari unggahan media sosial yang mengklaim bahwa World Wildlife Fund (WWF) membayar foto-foto dari relawan pemadam kebakaran yang digunakan untuk mendapat donasi. Termasuk donasi sebesar US$ 500 ribu, atau lebih dari Rp 70 miliar, dari Leonardo DiCaprio.

WWF membantah telah menerima donasi dari Leonardo DiCaprio atau mendapat foto dari pemadam kebakaran.

 

3 dari 7 halaman

Bantahan

Leonardo DiCaprio dengan tegas membantah tuduhan ini. Ia mengunggah pernyataannya lewat Instagram pada Sabtu (30/11/2019) kemarin.

"Masa depan dari ekosistem yang tak tergantikan ini tengah di ujung tanduk dan aku bangga berdiri bersama grup yang melindunginya. Meski patut didukung, kami tidak mendanai organisasi yang menjadi target," tutur aktor 45 tahun ini. 

4 dari 7 halaman

Tetap Mendukung

Bintang Titanic tersebut mengatakan ia akan tetap pada komitmennya untuk mendukung upaya rakyat Brasil untuk menangani krisis ini.

 

 

5 dari 7 halaman

Komitmen

"Aku tetap berkomitmen untuk mendukung komunitas asli Brasil, pemerintah lokal, ilmuwan, pendidik, dan masyarakat umum yang bekerja tanpa kenal lelah untuk menyelamatkan Amazon demi masa depan semua warga Brasil," tulis Leonardo DiCaprio.

 

6 dari 7 halaman

Relawan Ditangkap

Sang Presiden sendiri beberapa kali bersuara keras atas sejumlah pihak,mengenai kebakaran hutan. Selasa lalu, empat anggota LSM Alter do Chão Fire Brigade ditangkap karena tuduhan sengaja membakar hutan demi mendapat donasi yang semakin besar. Keempatnya dibebaskan dua hari kemudian.

7 dari 7 halaman

Dikritik

Politisi dan sejumlah LSM mengkritik keras tindakan ini, karena dianggap sebagai upaya Bolsonaro mengancam para aktivis lingkungan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Presiden Brasil Tuduh Leonardo DiCaprio Sebagai Dalang Kebakaran Hutan Amazon
Artikel Selanjutnya
Hutan Amazon Alami Tingkat Penggundulan Tertinggi Selama Dekade Terakhir