Sukses

Mawang 'Nu Hilna Hilnu Hilna Hiaaak' Masih Saja Viral, Siapa Sih Dia?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, masyarakat sempat diramaikan oleh munculnya video lagu "Kasih Sayang Kepada Orang Tua". Lagu ini dinyanyikan dan diunggah sendiri oleh Mawang di Youtube pada 29 Juli 2019.

Menariknya, video berkonsep live band tersebut langsung viral lantaran Mawang membuat liriknya dengan kalimat tak jelas dan gaya vokal yang sumbang. Bahkan, hingga kini masih banyak yang membahasnya.

Dalam liriknya, Mawang mengatakan, "Nu hilna hilnu hilna hilnu." Ia kemudian meneruskannya dengan berteriak, "Hiaaak." Bahkan, pada bagian reffrain, ia hanya berteriak, "Aaaaa!!!."

Saat tulisan ini dibuat, video tersebut sudah disaksikan lebih dari 24 juta kali. Beragam meme tentang Mawang dan cover lagunya pun melimpah di YouTube. Lalu siapakah Mawang ini? Apa yang dilakukannya sebelum menjadi viral seperti sekarang?

2 dari 5 halaman

Asli Bandung

Bernama asli Ridwan Mawang Sanja Irawan, Mawang lahir di Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ia bahkan telah menjadi alumnus Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) jurusan Seni Karawitan.

Setelah lulus kuliah, Sarjana Seni ini mengajar di beberapa sekolah sekaligus menjadi guru privat alat musik. Ia juga sering tampil dari panggung ke panggung sambil membuat beberapa lagu yang video klipnya bisa dilihat di Youtube.

3 dari 5 halaman

Tampil di Pentas Seni dan Kelas Indie

Mawang bahkan sempat membawakan lagu "Kasih Sayang Kepada Orangtua" di berbagai kegiatan pentas seni, termasuk acara Malam Puisi di Sumedang pada 2018 lalu.

Namun, sosok Mawang dan lagu "Kasih Sayang Kepada Orang Tua" mulai bikin heboh setelah ia tampil di Live Kelas Indie bersama rekan-rekannya.

Rekaman penampilannya itu kemudian diunggah di Youtube dengan judul "MAW & WANG - KASIH SAYANG KEPADA ORANG TUA ( LIVE KELAS INDIE )" yang berhasil membuat Mawang viral.

4 dari 5 halaman

Makna Lagu

Menurut Mawang, lagu "Kasih Sayang Kepada Orang Tua" ini merupakan sebuah ungkapan yang sulit disampaikan dengan kata-kata.

"Saat membicarakan kasih sayang orangtua kepada anaknya itu kan tidak semudah kita membicarakan hal-hal kepada orang lain, misalnya kepada teman," kata Mawang saat ditemui Liputan6.com di Bandung, September lalu. 

"Karena orangtua selalu berjasa dalam hal apa pun untuk anak-anaknya, maka pesan tidak harus disampaikan dengan sebuah lirik yang kata-katanya konvensional," lanjutnya.

Mawang juga mengaku awalnya ia menciptakan lagu "Kasih Sayang Kepada Orangtua" dengan lirik yang jelas. Namun ia mengubah konsep karena lirik aslinya terlalu dipaksakan. Ia juga pernah menyanyikan lagu yang sudah tanpa lirik tersebut kepada ibunya dan dianggap sebagai candaan.

5 dari 5 halaman

Sudah Siapkan Album

Kini, Mawang mulai sering tampil di atas panggung yang kebanyakan berdasarkan permintaan komunitas. Ia juga mengungkapkan keinginannya untuk merampungkan album perdana.

"Saya sudah punya rencana sebelum video viral ini bikin album. Sudah ada 13 lagu, rekaman dan mixing sendiri dilakukan di rumah dengan alat seadanya," ungkapnya.

Selain "Kasih Sayang Kepada Orang Tua", Mawang juga menciptakan lagu-lagu lain yang berlirik seperti "Aku Kamu" dan "Hey Kau yang Cantik."

Loading
Artikel Selanjutnya
Mawang 'Nu Hilna Hilnu Hiaaak' dan 6 Meme Terkocaknya