Sukses

Joker Tembus 1 Miliar Dolar AS, Di Indonesia Raih 4,2 Juta Penonton Lebih!

Liputan6.com, Jakarta Awal pekan ini, Joker menorehkan sejarah baru. Film yang dibintangi Joaquin Phoenix ini akhirnya menembus 1 miliar dolar AS.

Mengutip data yang dirilis Box Office Mojo pada Minggu (17/11/2019), Joker telah meraup pendapatan kotor 1,016 miliar dolar AS atau sekitar 14,23 triliun rupiah.

Pencapaian ini menempatkan Joker sebagai film dengan rating R (terbatas, khusus dewasa) pertama dalam sejarah yang meraih pendapatan kotor 1 miliar dolar AS.

Box Office Mojo menjelaskan, angka 1 miliar dolar AS didapat Joker dari dua kawasan.

2 dari 5 halaman

Satu Miliar, Dua Kawasan

Pertama, di Amerika Utara yang meliputi Amerika Serikat dan Kanada, Joker mengeruk pendapatan 332 juta dolar AS lebih. Kedua, peredaran Joker di luar Amerika Utara yang mencapai lebih dari 694 juta dolar AS.

Akun Twitter pemerhati film @BicaraBoxOffice menerangkan, "Pendapatan 332 juta dolar AS dari Amerika Utara menyumbang persentase 32 persen. Artinya, 694 juta dolar AS yang didapat Joker dari luar Amerika Utara setara dengan 68 persen. Pada akhir pekan pertama penayangan, Joker sudah perkasa dengan 96,2 juta dolar AS."

3 dari 5 halaman

Tanpa

Joker, menjadi film ke-44 dalam sejarah yang meraih pendapatan kotor di atas 1 miliar dolar AS. Yang membuat pencapaian ini istimewa, Joker mendapat dolar sebanyak itu tanpa "bantuan" Tiongkok. Seperti diketahui, Tiongkok ketar-ketir dengan konten Joker yang menempatkan Sang Badut sebagai penggerak revolusi sosial. 

Belum lagi sejumlah adegan kekerasan yang tampak gamblang. Sempat beredar wacana, Joker diizinkan menyapa publik Tiongkok dengan catatan beberapa adegan "rawan" dibabat. Kala itu pihak Warner Bros. dikabarkan keberatan dengan wacana sensor.

4 dari 5 halaman

Prestasi Joker di Indonesia

Lantas berapa jumlah pendapatan Joker di Indonesia? Data @BicaraBoxOffice menjabarkan, "Di Tanah Air Joker dirilis di bioskop mulai 2 Oktober 2019. Film ini menyihir 4,23 juta penonton dengan pendapatan kotor mencapai 13,5 juta dolar AS (sekitar 190 miliar rupiah)."

Hingga artikel ini disusun, Joker masih tayang di seluruh dunia. Di tangga box office, Joker masih bertengger di 10 besar. Pada Minggu, 17 November 2019, Joker berada di posisi ke-8, mengalahkan film Harriet dan Maleficent: Mistress of Evil

5 dari 5 halaman

Joker Kalahkan Batman

Artinya, angka 1,016 miliar dolar AS ini masih akan terus bertambah. Masih ingat film The Dark Knight (Christopher Nolan, 2008)? Dalam film peraih 2 Piala Oscar itu, Batman yang diperankan Christian Bale dikalahkan Joker (Heath Ledger). Tragedi di layar lebar ini kini jadi kenyataan di dunia nyata.

Seperti diketahui, film The Dark Knight mengumpulkan pendapatan kotor 1,005 miliar dolar AS dari seluruh dunia. Rekor Sang Manusia Kelelawar di tangga box office ini akhirnya dikalahkan Joker versi Joaquin Phoenix.