Sukses

Gara-gara Gajah, Kartika Putri Melahirkan Secara Normal di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Kartika Putri baru saja dikaruniai buah hatinya yang pertama bersama Habib Usman bin Yahya. Ia melahirkan bayi perempuan pada 18 Oktober 2019 di rumahnya sendiri.

Ya, sejak awal kehamilan, Kartika Putri memang pro melahirkan normal. Dan setelah tahu bahwa tak ada masalah dengan kandungannya, artis berhijab ini makin percaya diri melahirkan di rumahnya sendiri.

"Proses sangat dimudahkan, saking mudahnya bisa di rumah. Aku niat di rumah, dari awal pengin di rumah," ungkap Kartika Putri, di kediamannya di Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019).

 

2 dari 5 halaman

Ada Gangguan

Awalnya, ia ingin melahirkan normal dengan metode water birth. Namun karena Kartika Putri mengalami sedikit gangguan kesehatan jelang persalinan, akhirnya metode home birth pun dipilih.

"Awal hamil pengin water birth, tapi karena cacar air, dilema baby ready enggak di rumah. Sampai akhirnya cek up, kromosom baby, anomali, semua cek di Singapura," imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Yakin Normal

"Tapi baby-nya sehat, enggak ada masalah. Sering kontraksi palsu, makin intens ke dokter, tali puser bagus, ketuban juga bagus," Kartika Putri melanjutkan pernyataan.

Jelang persalinan, Kartika Putri sempat menyaksikan beberapa video proses hewan melahirkan. Setelah itu, ia percaya bahwa Tuhan menciptakan mahluk hidup dengan kemampuan melahirkan secara normal, bila tak memiliki gangguan.

 

4 dari 5 halaman

Tak Diketahui Keluarga

"Jadi pas 9 bulan 10 hari nonton Youtube, ada gajah lahiran, panda lahiran. Aku mikirnya jadi hewan aja bisa. Dari situ yakin lahiran di rumah," ucap artis berusia 28 tahun tersebut.

Menariknya lagi, niatan Kartika Putri untuk melahirkan normal di rumah tak diketahui oleh keluarganya termasuk suaminya, Habib Usman bin Yahya.

 

5 dari 5 halaman

Sesuai Keinginan

Pada akhirnya, Kartika Putri berhasil melahirkan sesuai keinginannya. Selama persalinan, ia didampingi oleh bidan dan doula yang sigap membantunya untuk rileks sejak kontraksi.

"Alhamdulillah bahagia luar biasa, ibunya sehat, anak sehat selamat. Satu hal yang enggak dibayangin, akhirnya di kamar," ungkap Habib Usman bin Yahya dalam kesempatan yang sama.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kartika Putri Sempat Disalahkan karena Bayinya Sakit
Artikel Selanjutnya
Kartika Putri Tak Berhenti Menangis Selama Bayinya Dirawat di Rumah Sakit